Sukses

Pengabdian Ubhara Jaya Menyasar Remaja Karang Taruna di Bekasi, Ajarkan Pembuatan Makrame

Pengabdian masyarakat tim Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyasar remaja Karang Taruna RW 08 Tambun Bekasi, melalui pembuatan kerajinan tangan macrame untuk meningkatkan minat berwirausaha.

Liputan6.com, Jakarta - Pengabdian masyarakat tim Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyasar remaja Karang Taruna RW 08 Tambun Bekasi, melalui pembuatan kerajinan tangan makrame untuk meningkatkan minat berwirausaha.

Makrame adalah karya seni tangan (handmade) untuk menggabungkan simpul yang terdiri atas beberapa tali atau benang. Karya seni makrame dapat berupa hiasan atau barang siap pakai.

 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tim, yaitu Timorora Sandha Perdhana, Djuni Thamrin, dan Yulia Fitriani.

Dosen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Timorora Sandha Perdhana yang menjadi ketua tim menyatakan, Program kegiatan kader karang taruna dalam pelaksanaannya khususnya dari segi wirausaha dengan melakukan kegiatan yang dapat mengasilkan ketrampilan dan mengasah kader karang taruna untuk dapat memngembangan aspek wirausaha.

Dia mencatat, program kegiatan karang taruna dalam pelaksanaannya, Kegiatan yang diusulkan ini bertujuan untuk melibatkan peran aktif pihak remaja karang taruna dalam pelaksanaan program wirausaha pembuatan macrame.

"Kegiatan tersebut kita harapkan dapat meningkatkan kompetensi remaja karang taruna dari segi pengetahuan dan ketrampilan karena di era digital saat ini pihak remaja telah memanfaatakan peranan wirausaha dalam proses pelaksanaan kegiatan karang taruna," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (10/10/2023).

Dia menambahkan, kegiatan bertujuan melibatkan peran aktif pihak kader. Berakhirnya kegiatan pengabdian ini dapat direkomendasikan beberapa hal, yaitu kelompok remaja Karang Taruna di RW 08 kecamatan Tambun hendaknya terus konsisten untuk tetap melaksanakan dan mengembangkan kegiatan entrepreneurship yang telah terbentuk.

"Sebaiknya memberikan dukungan dan menfasilitasi keberlangsungan kegiatan yang telah dilakukan di RW 08 Tambun, baik setelah pasca pendampingan maupun setelah pendampingan berakhir," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.