Sukses

PDIP Surabaya Bangga Megawati Dapat Doktor Kehormatan ke-10 dari Utar Malaysia: Bukti Pengakuan Global

Gelar doktor kehormatan tersebut merupakan gelar doktor kesepuluh yang diterima Megawati. Prosesi penyerahan gelar dilakukan di Malaysia pada Senin, 2 Oktober 2010.

Liputan6.com, Surabaya - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya menyatakan bangga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dianugerahi doktor kehormatan bidang Ilmu Sosial dari Universiti Tuanku Abdul Rahman (UTAR), Selangor, Malaysia.

"Keluarga besar PDI Perjuangan Surabaya turut berbahagia atas momen ini. Kami semua bangga dengan kiprah Ibu Megawati yang terus bekerja untuk tanah air dan bangsa Indonesia, termasuk dalam pengembangan demokrasi dan ilmu sosial," ujar Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono di Surabaya, Selasa.

Gelar doktor kehormatan tersebut merupakan gelar doktor kesepuluh yang diterima Megawati. Prosesi penyerahan gelar dilakukan di Malaysia pada Senin, 2 Oktober 2010.

Adi mengatakan, penganugerahan gelar doktor kehormatan itu menjadi bukti pengakuan publik secara global kepada pengabdian Megawati bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Menurutnya, Presiden ke-5 RI itu sepanjang hidupnya mendedikasikan diri pada kepentingan kemanusiaan dan ilmu pengetahuan, termasuk memprakarsai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang mengintegrasikan berbagai skema riset dan inovasi untuk kepentingan kemajuan bangsa.

"Ibu Megawati mempunyai keyakinan yang teguh bahwa dunia riset, termasuk pengembangan ilmu sosial, adaah fondasi bagi kemajuan bangsa. Ibu Megawati juga sosok yang selalu mendorong penguatan nilai-nilai demokrasi khas Indonesia yang tercermin pada Pancasila 1 Juni 1945," kata Adi.

Menurut Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya ini, dedikasi dan perjuangan Megawati harus diteladani oleh masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa.

Adi mengatakan, generasi muda bisa belajar dari perjalanan hidup Ibu Megawati. Begitu banyak kisah inspiratif penuh keteladanan. Bahkan Megawati berjuang untuk demokrasi Indonesia melawan rezim Orde Baru sehingga negeri ini bisa menikmati alam bebas demokrasi seperti saat ini.

"Kisah hidup beliau penuh nilai yang bisa menjadi teladan generasi muda. Kami doakan bersama beliau senantiasa sehat dan diberi kelancaran dalam menjalankan semua tugas pengabdian, termasuk membimbing kita semua para kader PDIP untuk terus bekerja membantu masyarakat," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persahabatan Indonesia-Malaysia

Dalam keterangan resmi yang dikutip banyak media, President Universiti Tunku Abdul Rahman, Malaysia, Ewe Hong Tat menyampaikan, Megawati Soekarnoputri telah memberi kontribusi kemasyarakatan yang signifikan dan mendukung perkembangan ilmu pengetahuan sosial di Indonesia.

Alasan tersebut yang membuat Universiti Tunku Abdul Rahman menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada presiden ke-5 Indonesia tersebut.

"Dengan penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan yang berkesan oleh UTAR ini, saya berharap Prof. Dr. (H.C.) Hj Megawati terus diingatkan akan karya baiknya untuk masyarakat; jasanya, sumbangsihnya dan prestasinya yang akan selalu tercatat dalam sejarah," katanya.

"Ini juga akan menjadi momen penting yang mengukir persahabatan dan saling pengakuan antara Malaysia dan Indonesia," kata Hong Tat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.