Sukses

Eri Cahyadi Siapkan Paket Wisata Sejarah Meriahkan Piala Dunia U-17

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan paket wisata sejarah untuk meramaikan gelaran Piala Dunia U-17 pada November 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyiapkan paket wisata sejarah untuk meramaikan gelaran Piala Dunia U-17 pada November 2023.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut sudah menetapkan sejumlah destinasi wisata sejarah yang diproyeksikan masuk ke dalam paket wisata.

"Sekitar tujuh sampai delapan destinasi wisata, seperti rumah kelahiran Bung Karno, tugu pahlawan, jembatan merah, dan makam W.R Soepratman," kata Eri Cahyadi, Selasa (3/10/2023).

Dia menyatakan, paket wisata yang dipersiapkan untuk hajatan sepakbola kelompok usia dikemas ke dalam konsep terintegrasi, artinya satu destinasi saling terhubung dengan lokasi bersejarah lainnya.

"Nanti tamu tamu yang datang kami berikan paket itu, mungkin mau mereka berputar," ujarnya.

Pemkot Surabaya juga menggandeng agen perjalanan pariwisata untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk paket wisata sejarah.

Dia yakin program yang ditawarkan tersebut bisa mengundang ketertarikan dari para turis, baik dalam negeri maupun asing.

"Ini pasti ramai, apalagi Tim Nasional Indonesia main di Surabaya dan ini anugerah untuk Kota Pahlawan," ucapnya

Selain itu, Pemkot Surabaya juga mempersiapkan akses transportasi guna memudahkan masyarakat menjangkau lokasi pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

"Ada Suroboyo Bus, Trans Semanggi, Wira-Wiri. Kami juga lagi diskusikan dengan tim PSSI termasuk untuk pembukaan piala dunia. Insya Allah menjadi kenangan terindah untuk warga Surabaya," ucapnya.

Sebelumnya, Eri Cahyadi menyatakan, setelah dilakukan sejumlah perbaikan, sarana dan pasrana di Stadion GBT Surabaya sudah siap 100 persen untuk pertandingan Piala Dunia U-17.

"Kami memastikan GBT siap digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-17," katanya, Senin (18/9/2023).

Eri Cahyadi menginginkan akses jalan masuk Stadion GBT dibuat mendatar agar tidak menyulitkan kendaraan roda empat untuk masuk.

"Dibuat langsam semuanya, jadi biar mobil masuk, tidak agak miring begitu ya. Karena agak tinggi, ketika mobilnya sedan pasti agak manuver berbelok atau nyanggrok (gesrek), ini yang saya evaluasi," katanya.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Erick Pilih Stadion GBT

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap alasan pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Menurutnya, FIFA ingin adanya pemerataan jumlah penonton di setiap kota penyelenggara.

Sebelumnya rencana opening ceremony sempat diungkapkan akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS).

"Awalnya memang ada pemikiran pembukanya itu di Jakarta, tetapi setelah pembagian grup dan itu tercermin ya memang mau tidak mau ya FIFA mengambil posisi kan ini yang namanya penonton harus tersebar, tidak mungkin terpusat," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2023).

Erick menjelaskan, Stadion Gelora Bung Tomo juga akan menjadi lokasi pertandingan grup yang dihuni oleh Tim Nasional U-17 Indonesia.

"Nah itulah kenapa kemarin setelah pengundian makanya ada keputusan pembukaan di Surabaya dan di Surabaya yang memang hanya satu grup akhirnya tim nasional," sambungnya.

Lagipula, Erick menjelaskan, JIS menjadi tempat tim-tim besar berlaga seperti Brazil, Inggris dan Perancis. Sedangkan, stadion Si Jalak Harupat Bandung akan ada Korea dan Jerman.

Sementara, di Stadion Manahan Solo akan menjadi lokasi pertandingan tim Spanyol serta babak final dan semifinal.

"Jadi ini lebih kepada pembagian saja supaya kembali target-target dari FIFA itu tercapai," jelasnya.

"Nah ini memang peta kekuatan sepakbola yang diharapkan ada pemerataan," ungkap Erick.

Dirinya tidak ingin digelarnya penetapan venue tersebut menjadi polemik. Menurutnya, hal ini sudah menjadi kespakatan yang sudah dihitung oleh FIFA.

"Sehingga yang paling penting hari ini kita menyiapkan daripada tadi tim nasionalnya dan juga persiapan daripada penyelenggaran ini bisa berjalan dengan baik," tutupnya.

 

3 dari 3 halaman

Timnas di Grup A

Sebagaimana diketahui, kejuaraan Piala Dunia U-17 dijadwalkan mulai digelar pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023.

Kemudian, pada kejuaraan tersebut Tim Nasional Indonesia U-17 tergabung di grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

"Garuda Muda" mengawali laga di grup tersebut dengan menghadapi Tim Nasional Ekuador U-17 di Stadion GBT, Jumat, 10 November 2023.

Anak asuh Bima Sakti tersebut kemudian menghadapi Panama pada Senin, 13 November serta babak penyisihan terakhir bersua Maroko pada Kamis, 16 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.