Sukses

Workshop Tata Kelola Festival Junjung Pusako, Upaya Lestarikan Tradisi Lokal Sarolangun ke Generasi Muda

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Workshop Tata Kelola Festival Tradisi Junjung Pusako bersama Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Workshop Tata Kelola Festival Tradisi Junjung Pusako bersama Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Hal ini didasari kekayaan tradisi di Kabupaten Sarolangun selayaknya disebarluaskan sehingga dikenal luas di Indonesia dan dipertahankan oleh generasi muda selanjutnya.

Salah satunya adat junjung pusako yang dilakukan oleh masyarakat Tanjung Gagak, Kecamatan Bathin VII, Sarolangun.

Ritual junjung pusako merupakan tradisi membersihkan pusaka leluhur yang terdiri dari keris, tanduk kerbau sebelah, tabung air minum, kain bathin, giring-giring, batu induk padi, dan tempat rambut putri susu tunggal.

Junjung pusako telah dilakukan secara turun temurun sejak masa lampau untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab karunia nikmat keberhasilan panen sekaligus persiapan untuk turun ke ladang di tahun mendatang.

“Melalui workshop ini masyarakat di Kabupaten Sarolangun, khususnya seniman dan budayawan, diharapkan dapat lebih antusias mengenai pengelolaan Festival Junjung Pusako nantinya,” ujar Pelaksana Tugas Bupati Sarolangun Bachril Bakri, saat membuka kegiatan, Rabu 13 September 2023.

Bachril mengemukakan, Pemkan Sarolangun amat mendukung penuh penyelenggaraan Kenduri Swarnabhumi tahun  ini, termasuk juga Workshop Tata Kelola Festival Tradisi Junjung Pusako.

Bachril amat berharap, dukungan penuh Pemkab Sarolangun dapat membuat Kenduri Swarnabhumi 2023 lebih baik dan meriah ketimbang tahun sebelumnya.

“Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung Festival Junjung Pusako, terutama dari Kemendikbudristek,” kata Bachril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadirka Sejumlah Pemateri

Workshop Tata Kelola Festival Tradisi Junjung Pusako menghadirkan para pemateri yang berkompeten di bidangnya yaitu Panen Ahli Indonesiana Dede Pramayoza, pelaku teater dan drama Fitri Noveri, serta pegiat komunitas seni budaya lokal Rony Putra.

Sedangkan para peserta workshop terdiri dari kalangan seniman, budayawan, komunitas tradisi, akademisi, maupun pemerhati adat.

Beberapa hal mengemuka dalam workhsop seperti kisah pengalaman Bang Keron tentang Festival Lereng Gunung Sago yang mengambil tradisi dan obyek-obyek budaya di Nagari.

Menurutnya, cerita masyarakat lokal tentang wilayah tersebut membantu promosi potensi aktivitas budaya yang berdampak pada alokasi anggaran nagari dalam pengembangan kebudayaan.

Festival Junjung Pusako rencananya dilaksanakan 26-27 September 2023 di Desa Tanjung Gagak, Kecamatan Bathin VII, Sarolangun, mengusung potensi adatnya.

Masyarakat desa tersebut dinilai masih memelihara dan melestarikan tradisi warisan budaya leluhurnya hingga sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.