Sukses

HUT Kelenteng Tuban, Umat Tri Dharma Doa Bersama untuk Kelancaran Pemilu 2024

Ratusan umat Tri Dharma dari berbagai daerah mengikuti upacara sembahyang dan doa bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1863 di altar utama Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (10/2023).A

Liputan6.com, Tuban - Ratusan umat Tri Dharma dari berbagai daerah mengikuti upacara sembahyang dan doa bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) YM Kongco Kwan Sing Tee Koen ke-1863 di altar utama Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban, Kamis (10/2023).

Pada ritual sembahyang itu para umat Konghucu, Budha, dan aliran Tao mendoakan bangsa Indonesia lebih maju, damai, dan kelancaran Pemilu 2024. Termasuk, mereka berdoa agar ke depannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada tahun politik ini.

“Kita mendoakan Indonesia ini supaya kedepannya maju dan damai. Tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terlebih menjelang pemilu. Harapannya pemilu bisa berjalan mulus,” ungkap Gunawan Putra Wirawan, Ketua Demisioner TITD Kwan Sing Bio Tuban.

Selain itu, ia menjelaskan umat yang hadir dan tidak hadir juga didoakan semuanya untuk mendapatkan berkah dari hari ulang tahun YM Kongco Kwan Sing Tee Koen tahun ini.

“Kita juga berdoa diberikan panjang umur, banyak rezeki, sehat, dan lainnya,” tambah Gunawan panggilan akrabnya.

Menurutnya, perayaan hari ulang tahun TITD Kwan Sing Bio di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tidak ada perayaan besar. Dimana, kegiatannya dilakukan sederhana dan tidak ada kirab atau lelang kalung emas.

“Ini digelar sederhana sekali, hanya sembahyang bersama, dulu ada lelang kalung, hiburan, dan kirab. Hari ini tidak ada semua," jelas Gunawan.

Meskipun digelar sederhana, dia menjelaskan antusias pengunjung yang datang untuk mengikuti ritual atau sembahyang di Kelenteng tersebar se-Asia Tenggara ini cukup tinggi. Termasuk, masyarakat yang hadir berasal luar provinsi dalam rangka mencari berkah di kelenteng.

“Ternyata yang hadir boleh dikatakan cukup memuaskan. Dari beberapa daerah termasuk luar pulau datang, khususnya dari Makassar ada 320 personil yang datang. Belum lagi dari Palembang, Jawa Barat, dan lainnya,” bener Gunawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung Tertib

Hal sama juga disampaikan Teguh Prabowo alias Go Tjong Ping, mantan Ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban dua periode. Ia merasa bangga karena antusias pengunjung yang hadir cukup banyak dan tertib setelah tidak digelar karena adanya Pandemi Covid-19.

“Ini juga dimaknai sebagai reoni bersama. Dulu digelar secara internal karena Pandemi, sekarang terbuka. Kita berharap kita semua bisa rukun dan damai lagi,” harap Anggota DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Lebih lanjut, ia menyampaikan dengan adanya perayaan hari ulang tahun ini bisa membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar Kelenteng TITD Kwan Sing Bio Tuban. Sebab, pengunjung hadir dari berbagai daerah dan roda ekonomi di Tuban bangkit.

“Kata juga mengingatkan kebangkitan kejayaan Kelenteng ini seperti dulu, pengunjung ramai terus, tidak sepi dan ekonomi masyarakat kembali bergeliat,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.