Sukses

Bikin Adem, 24 Perguruan Silat di Ponorogo Ikrar Damai Tolak Tawuran Saat Perayaan Suro

Puluhan pendekar dan tokoh dari 24 perguruan silat di Kabupaten Ponorogo ikrar damai demi membangun kebersamaan menjaga keamanan dan ketertiban sosial menjelang bulan Suro atau "Suroan".

Liputan6.com, Ponorogo - Puluhan pendekar dan tokoh dari 24 perguruan silat di Kabupaten Ponorogo ikrar damai demi membangun kebersamaan menjaga keamanan dan ketertiban sosial menjelang bulan Suro atau "Suroan".

"Kita jaga Merah Putih untuk mewujudkan kedamaian, bulan Suro semua harus takzim dan bergembira menyambut tahun baru Islam dan Jawa," kata Bupati Ponorogo Sugiri atau yang akrab disapa Kang Giri, Jumat 7 Juli 2023.

Ia pun berharap ikrar damai lintas perguruan silat tersebut tidak hanya sebatas seremonial belaka, namun bisa diejawantahkan dalam tindakan nyata demi mencegah keributan antarkelompok perguruan silat.

Kata dia, kedamaian merupakan harga yang mahal untuk dijaga. Apalagi mayoritas perguruan memiliki agenda tahunan pada bulan Suro ini, ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta peran aktif Forum Komunikasi Pencak Silat dan Beladiri (FKBSB) untuk mencegah terjadinya persoalan baik antarperguruan maupun organisasi silat di Ponorogo.

"Jika ada persoalan kita ingatkan bahwa kita semua memiliki rasa yang sama, jadi kita jaga kedamaian di Ponorogo," katanya.

Senada, Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko menambahkan deklarasi tersebut sengaja digelar sebagai salah satu langkah antisipatif mencegah potensi gesekan antara perguruan dalam rangkaian suroan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyekatan di Jalur Perbatasan

"Kita imbau agar lebih menahan diri, untuk yang lebih senior bisa memberikan contoh untuk adik adiknya," beber Wimboko.

Mantan Kapolres Bondowoso tersebut juga bakal melakukan penyekatan di jalur perbatasan pada saat pergerakan massa, ini juga sesuai dengan imbauan dari pengurus pencak silat.

"Dari PSHT maupun PSHW juga telah mengimbau anggotanya untuk tidak melakukan mobilisasi pada saat kegiatan bulan Suro," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.