Sukses

Jokowi Apresiasi Chico Usai Sabet Gelar Taipei Open 2023: Sekali Lagi, Selamat!

Asisten Pelatih Tunggal Putra Pelatnas PBSI Harry Hartono menuturkan kunci keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo menjuarai Taipei Open 2023 adalah tidak lepas dari kemampuan anak asuhnya menjaga stamina sejak awal turnamen.

Liputan6.com, Jakarta Sukses pebulu tangkis Chico Aura Dwi Wardoyo menyabet gelar juara di Taipei Open 2023 menuai apresiasi dari presiden Jokowi.

"Selamat kepada Chico Aura Dwi Wardoyo yang baru saja merebut gelar juara tunggal putra kejuaraan bulu tangkis Taipei Open 2023," ujar Jokowi dikutip dari akun media sosial Instagram @jokowi, Senin (26/6/2023).

Pada babak final yang berlangsung di Tian-Mu Arena, University of Taipei, Minggu, Chico mengalahkan andalan tuan rumah Su Li Yang.

"Sekali lagi, selamat!" ujar Jokowi.

Ucapan Jokowi tersebut langsung direspons Chico di kolom komentar, "terima kasih pak jokowi, i love you pak," tulis Chico.

Pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo mengamankan gelar juara pertama bagi Indonesia dalam ajang Taipei Open 2023.

Chico yang tampil pada partai ketiga mengalahkan Su Li Yang dalam dua gim langsung 23-21, 21-15 pada pertandingan berdurasi 52 menit dan sempat berlangsung dramatis pada gim pertama.

Asisten Pelatih Tunggal Putra Pelatnas PBSI Harry Hartono menuturkan kunci keberhasilan Chico Aura Dwi Wardoyo menjuarai Taipei Open 2023 adalah tidak lepas dari kemampuan anak asuhnya menjaga stamina sejak awal turnamen.

Menurut Harry, kerja sama yang baik antara atlet dan tim pendukung turut mempengaruhi kemenangan Chico pada ajang berkategori BWF Super 300 tersebut.

"Kunci juaranya Chico adalah tim yang selalu suport dia. Sehingga performa serta kebugaran Chico bisa terus terjaga sampai di final," kata Harry melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Minggu.

Selama tampil di Taipei, Harry menilai Chico punya ketenangan dan kepercayaan diri yang prima. Bahkan grafik penilaian performa pebulu tangkis asal Jayapura, Papua, itu selalu mengalami kenaikan pada setiap babak.

"Kalau melihat dari babak awal sampai di final, grafiknya naik terus sehingga bisa menjalankan strategi dari pelatih dan berani ambil keputusan saat di lapangan," ungkap Harry.

Tak hanya itu, Harry juga menuntun Chico agar mengingat hasil evaluasi dari turnamen-turnamen sebelumnya, terutama pada aspek pola dan strategi permainan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Chico Sangat Menikmati Pertandingan

Dari tiga turnamen lalu, performa Chico dinilai tidak terlalu buruk, hanya saja masih ada kesalahan-kesalahan kecil dan kurang berani pada poin-poin akhir.

Begitu juga dari sisi mental pemain, Harry juga mengingatkan Chico agar selalu memiliki motivasi dalam setiap turnamen yang diikuti.

"Dan sisi positifnya harus lebih ada motivasi untuk bermain lebih baik di Taipei dan ambil gelar juara. Hasilnya di Taipei, Chico bisa juara. Bukti dia belajar dari evaluasi sebelumnya," kata Harry.

Saat tampil di Taipei, Chico sangat menikmati pertandingan yang ia mainkan, serta selalu berani ambil keputusan.

"Saya melihat Chico lebih banyak jaga mental dan pikirannya supaya rasa percaya diri dan ketenangannya bisa terus dikontrol dengan baik. Karena dari latihan, persiapannya sudah bagus dan maksimal," pungkas Harry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.