Sukses

Jadi Cawapres 2024 Favorit, Pengamat UIN Surabaya Sebut Erick Punya Ceruk Pemilih yang Jelas

Pengamat Politik UIN Sunan Ampel Surabaya Syaeful Bahar menjelaskan, peluang Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024 kategori cawapres masih relatif sama dengan kandidat lain. Tapi, ada satu hal yang menurut Syaeful Bahar, hal itu tidak dimiliki oleh cawapres yang lain.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik UIN Sunan Ampel Surabaya Syaeful Bahar menjelaskan, peluang Erick Thohir untuk maju Pilpres 2024 kategori cawapres masih relatif sama dengan kandidat lain. Tapi, ada satu hal yang menurut Syaeful Bahar, hal itu tidak dimiliki oleh cawapres yang lain.

“Satu sisi pak Erick Thohir punya ceruk pemilih yang jelas dan itu nampak di hasil survei yang cukup meyakinkan,” kata Syaeful Bahar dalam keterangan tertulis, Jumat (9/6/2023).

Seperti yang diketahui, Erick Thohir memang dekat dengan milenial. Hal itu ia buktikan dengan kerja kerasnya membangun sepak bola Indonesia yang secara mayoritas digilai oleh anak muda di Tanah Air.

Adapun berkat tangan dingin Erick Thohir yang sudah merombak wajah PSSI, hal itu tentu menuai insentif elektoral. Maka dari itu, kerja nyata yang sudah dilakukan Erick Thohir untuk PSSI secara otomatis mendongkrak elektabilitasnya.

Dilihat dari survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, nama Erick Thohir sukses bertengger di urutan teratas dengan simulasi 18 nama cawapres.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dukungan untuk Erick Thohir mencapai angka 15,5%. “Erick Thohir dianggap paling pantas sebagai sebagai calon wakil presiden,” ujar Burhanuddin Muhtadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Tegaskan Akan Sejalan dengan Jokowi

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku akan sejalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika ditanya soal peluangnya menjadi calon wakil presiden untuk Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

"Saya rasa saya tegak lurus dengan Bapak Presiden," kata Erick Thohir ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu, (6/5/2023).

Erick menilai dukungan tersebut sebagai apresiasi dari masyarakat. Namun, dia menyatakan akan fokus kepada pembuktian hasil kerja terlebih dahulu dan tidak akan terlena dengan pola pikir pencitraan.

"Tetapi saya sudah sampaikan, kan, kembali kita harus bukti kerja dulu. Jangan kita terjebak pola pikir pencitraan, tetapi tidak ada manfaatnya buat masyarakat," kata Erick seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan dirinya akan konsisten dengan komitmennya sebagai Menteri BUMN. 

"Inilah yang saya terus konsisten. Saya tegak lurus dengan Pak Jokowi, saya sudah sampaikan untuk memastikan BUMN terus berkontribusi untuk keuangan negara dan ekonomi masyarakat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.