Sukses

Sambut HUT, Pemkot Surabaya Gelar Operasi Katarak Gratis untuk 100 Orang

Pemerintah Kota Surabaya menggandeng JEC-JAVA @Surabaya dan Yayasan Sosial Abdihusada Utama menggelar operasi katarak gratis bagi 100 orang dari kalangan membutuhkan.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya menggandeng JEC-JAVA @Surabaya dan Yayasan Sosial Abdihusada Utama menggelar operasi katarak gratis bagi 100 orang dari kalangan membutuhkan.

Klinik Utama Mata JEC-Java @ Surabaya merupakan bagian dari ekosistem JEC Eye Hospitals and Clinic yang telah menjadi eye care leader di Indonesia selama hampir empat dekade.

Kegiatan juga dilaksanakan untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 pada 31 Mei mendatang. Tindakan operasi katarak dilaksanakan selama 27-28 Mei 2023 di JEC-JAVA @Surabaya, Jalan Raya Darmo Surabaya. 

“Sebagai Ibu Kota dari provinsi dengan prevalensi kebutaan tertinggi di Indonesia, setiap upaya rehabilitasi mata demi menjaga dan meningkatkan produktivitas merupakan langkah yang esensial," ujar Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, Minggu (28/5/2023).

Pihaknya sangat mengapresiasi Bakti Katarak JEC yang diselenggarakan oleh JEC-JAVA @ Surabaya bersama Yayasan Sosial Abdihusada Utama dalam rangka HUT Surabaya ke-730.

"Kami harap, inisiatif ini bisa mengispirasi lebih banyak pihak untuk menyelenggarakan aksi serupa sehingga makin banyak masyarakat, utamanya di Surabaya, yang terbantu dan pulih indera penglihatannya sehingga bisa kembali menjalani hidup dengan lebih berkualitas dan produktif,” ucapnya.

Kepala Klinik Utama Mata JEC-JAVA @Surabaya, Susy Fatmariyanti menambahkan, kebutaan akibat katarak merupakan kondisi yang bisa direhabilitasi. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki akses untuk mendapatkan tindakan yang memadai.

"Ini yang mendorong kami untuk menyelenggarakan Bakti Katarak secara rutin dua sampai empat kali setahun sebagai wujud nyata kepedulian JEC agar masyarakat bisa mendapatkan kembali penglihatannya dan menjalani hidup yang produktif," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Sosial Abdihusada Utama, Wahjudi Gatot menyatakan, sejak berdiri lebih dari 10 tahun lalu, Yayasan Sosial Abdihusada Utama sebagai organisasi sosial nonprofit telah memberikan pelayanan kesehatan gratis, termasuk operasi katarak kepada 100 warga prasejahtera di Surabaya.

"Karenanya, kami sangat menyambut baik kerja sama dengan JEC-JAVA @Surabaya untuk menyelenggarakan Bakti Katarak yang bertepatan dengan perayaan HUT Kota Surabaya. Kami selalu terbuka dengan inisiatif sosial dari berbagai instansi," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 15 Dokter Spesialis

Sedangkan Direktur Klinik Utama Mata JEC-JAVA @ Surabaya, Novri Susanti mengatakan, dengan 15 dokter spesialis mata dengan subspesialisasi dibidangnya seperti Katarak, Laser Vision Correction Center (ReLEx SMILE & LASIK), Vitreo-Retina, Glaukoma, Layanan Mata Anak, Okuloplasty dan Rekontruksi, Layanan Trauma Mata dan juga Ortho-K.

"Kami yakin bisa memberikan pelayanan terbaik tidak hanya kepada penerima manfaat Bakti Katarak JEC-JAVA @ Surabaya kali ini, tapi juga kepada warga Surabaya secara umum," ujarnya.

"Didukung oleh teknologi diagnostik mata yang lengkap dan mutakhir, JEC-JAVA @ Surabaya hadir sebagai bagian dari ekosistem eye care leader di Indonesia yang tepercaya sehingga masyarakat Surabaya dan Jawa Timur tidak perlu ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan mata yang unggul," imbuh Novri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.