Sukses

Eri Cahyadi Usulkan Surabaya Vaganza Masuk Agenda Karisma Event Nusantara 2024

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya mengusulkan Surabaya Vaganza atau parade bunga dan budaya masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

KEN merupakan kalender kegiatan di provinsi-provinsi di Indonesia yang disusun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempromosikan pariwisata.

"Ini sudah kami daftarkan masuk KEN. Insya Allah di tahun depan ada dua ya, Parade Bunga dan Rujak Uleg yang akan masuk di sana," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Minggu 28 Mei 2023.

"Salah satunya dilihat dari ketertibannya. Apakah warga tertib atau tidak, sehingga tidak mengganggu jalannya parade bunga. Nanti juga ada tim penilaiannya dari sana," katanya.

Acara Surabaya Vaganza yang digelar pada Sabtu (27/5/2023) untuk menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) berlangsung tertib dan meriah.

Eri mengapresiasi ketertiban warga yang menyaksikan Parade Bunga dan Budaya di sepanjang rute parade. 

"Alhamdulillah parade budaya hari ini berjalan lancar, antusias masyarakat sangat luar biasa. Bahkan, mulai sore sampai malam ini tidak beranjak dari tempatnya, tertib. Memang sebetulnya dari dulu tertib dan guyub rukun, mulai dari ujung Tugu Pahlawan sampai di Balai Pemuda sangat rapi dan sangat tertib," katanya.

Dia mengemukakan bahwa dalam kegiatan Surabaya Vaganza tahun sebelumnya, tidak sedikit penonton yang masuk ke tengah parade.

Oleh karena itu, Pemkot Surabaya pada tahun 2023 memperketat penjagaan agar peserta dan penonton parade tertib.

"Yang pasti ini untuk warga Surabaya, bisa nyaman, seperti tadi, tenang. Tidak ada kejadian orang menyeberang ketabrak peserta parade atau mobil parade. Kalau dulu kan hampir ketabrak mobil parade bunga. Sekarang sudah tidak ada, alhamdulillah," katanya

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 2 halaman

Usia Surabaya 730 Tahun

Ribuan warga tumplek blek di sepanjang Jalan Pahlawan hingga menuju Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Sabtu (27/5/2023). Mereka nampak antusias menyaksikan jalannya Surabaya Vaganza atau Parade Bunga dan Budaya.

Sebelum memberangkatkan peserta parade, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang hadir di lokasi start Jalan Pahlawan, terlihat menyempatkan diri menyapa warga. Ia tak sendiri melainkan didampingi pula istrinya Rini Indriyani berswafoto bersama warga.

Tampak juga Wakil Wali Kota Surabaya Armuji bersama istrinya. Sementara di bagian barisan paling depan parade, terlihat berjejer rapi Paskibraka. Kemudian di belakangnya diikuti drumband dan barisan 12 kereta kencana serta 5 unit jeep.

Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Kota Surabaya. Sebab, pada 31 Mei 2023, Kota Surabaya akan menapaki usianya yang ke 730 tahun.

"Saya mohon doanya kepada seluruh warga Kota Surabaya, ke 730 tahun ini doakan Surabaya selalu guyub rukun. Surabaya selalu bisa menjaga rasa persaudaraan," kata Wali Kota Eri Cahyadi. 

Menurutnya, selama ini warga Surabaya selalu menjunjung tinggi toleransi yang merupakan ciri khas arek Suroboyo. Karenanya, ia berharap masyarakat dapat terus mendoakan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya agar selalu bisa memberikan yang terbaik bagi Kota Pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.