Sukses

Khofifah Lepas 445 Calon Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya, Tertua Usia 98 Tahun

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas jemaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya di Asrama Haji Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas jemaah calon haji kloter pertama embarkasi Surabaya di Asrama Haji Surabaya.

Para jemaah ini berasal dari Bangkalan sebanyak  445 orang dan jumlah petugas kloter 5 orang. Jemaah terdiri 220 pria dan 225 perempuan. Sedangkan, para petugas terdiri dari empat laki-laki dan satu perempuan.

Dari keseluruhan, jumlah jemaah usia 75 tahun ke atas berjumlah 28 orang. Jemaah tertua berusia 96 tahun atas nama Hasanah Lasan Punah dari Kecamatan Geger Bangkalan, sedangkan jemaah termuda berusia 18 tahun atas nama Muhammad Zainul Waton dari Kecamatan Klampis Bangkalan.

Khofifah itu menekankan pentingnya perhatian ekstra atas jemaah haji 2023 lanjut usia. Terlebih dengan menjaga kesehatan agar terhindar dari varian Covid-19 MERS.

"Tadi saya komunikasi dengan dokter karena ada perlu pendampingan. Saya juga koordinasikan dengan dr. Herlin, Dirut RSU Haji, agar memungkinkan diberikan obat-obat yang masih dibutuhkan. Intinya kita menjaga agar sehat mulai berangkat, saat beribadah dan kembali dalam keadaan sehat dan mabrur," ujarnya, Rabu (24/5/2023).

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan, berbagai usaha sudah dimaksimalkan untuk memastikan kelancaran ibadah haji para jamaah. Mengingat, berbagai pihak terlibat dan bersinergi.

"Semuanya memberikan doa kepada panjenengan mudah-mudahan sehat dalam melaksanakan ibadah haji dan dimudahkan semua urusan oleh Allah SWT. Amin," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doakan Jatim

Tak lupa, Khofifah mendoakan agar para tamu Allah tersebut diberi kemudahan dalam setiap proses ibadah haji. Mulai saat perjalanan di pesawat, ziyarah ke roudhoh, umrah, saat di Arafah, saat di Muzdalifah, saat di Mina, saat jamarat maupun tawaf ifadah.

"Semoga semuanya dimudahkan Allah dan meraih kemabruran. Amin," ujarnya.

Ia juga meminta agar para jamaah haji senantiasa mendoakan daerahnya. 

"Mohon doa ketika panjenengan di berbagai tempat mustajabah, doakan kami masyarakat Jawa Timur dan bangsa Indonesia selalu aman, damai, dan penuh barokah," ucapnya.

Keberangkatan jamaah pada kloter pertama ini menggunakan pesawat jenis Boeing 747-400 yang bermuatan 450 kursi. Pesawat dijadwalkan take-off pukul 09.15 WIB.

Selain kloter pertama tersebut, Embarkasi Surabaya tahun 2023 ini akan melayani jamaah haji sejumlah 36.928 orang yang tergabung di 84 kloter.

Dengan rincian jemaah dari Jawa Timur sejumlah 35.152 orang, jamaah dari Bali sejumlah 698 orang, dan dari NTT sejumlah 668 orang. Sementara, petugas kloter sejumlah 420 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.