Sukses

Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Jatim Berangkat dari Bandara Juanda Hari Ini, Rabu 24 Mei 2023

Bandara Internasional Juanda Surabaya dijadwalkan akan memberangkatkan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji ke tanah suci secara langsung (direct flight), Rabu 24 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Juanda dijadwalkan akan memberangkatkan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah calon haji ke tanah suci secara langsung (direct flight), Rabu 24 Mei 2023.

General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar mengungkapkan, pada hari pertama dijadwalkan tiga penerbangan keberangkatan menuju Madinah, dengan rincian kloter pertama yang mengangkut calon jamaah Haji asal  Bangkalan pada pukul 09.15 WIB.

Kloter kedua yang mengangkut calon haji 2023 dari Kota Madiun, Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 11.15 WIB,

Serta kloter ketiga yang akan memberangkatkan calon jamaah Haji yang berasal dari Sampang, Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 13.15 WIB.

“Selama periode embarkasi yang berlangsung 30 hari kami akan melayani dua hingga tiga penerbangan haji per harinya. Kami mohon doa dan dukungan agar pelayanan Angkutan Haji dapat berjalan baik dan lancar,” ujar Sisyani, Selasa 23 Mei 2023.

Untuk kelancaran dan ketepatan proses keberangkatan calon jamaah haji, Sisyani menyatakan, proses pemeriksaan keamanan, kesehatan, dan keimigrasian akan dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo.

Calon jamaah yang telah selesai menjalani rangkaian pemeriksaan kemudian dipersilakan untuk memasuki kendaraan bus yang akan mengantar menuju ke Terminal 1 Bandar Udara Internasional Juanda.

Setibanya di bandara, bus akan langsung dikawal menuju area apron, serta kemudian calon jamaah Haji dapat langsung masuk ke pesawat karena seluruh pemeriksaan calon jamaah Haji dan barangnya telah selesai dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pertolongan Kecelakaan

Tidak hanya menyiapkan pelayanan pemeriksaan keamanan di Asrama Haji, Bandara Juanda juga meningkatkan kategori Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).

Dari kategori delapan menjadi sembilan agar dapat memenuhi syarat kategori sembil mengingat untuk penerbangan haji akan menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 747-400.

"Kemudian fasilitas tambahan yang juga disiapkan yaitu empat unit toilet portable yang disiapkan untuk melayani kebutuhan calon jamaah Haji saat menuju atau menunggu naik pesawat. Fasilitas ini disiapkan di area Ground Service Equipment (GSE) dekat dengan lokasi bus sebelum calon jamaah naik ke pesawat," imbuh Sisyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.