Sukses

Kereta Argo Semeru dan Pandalungan Siap Meluncur 1 Juni 2023, Jatim ke Jakarta Makin Banyak Pilihan

PT KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan dua Kereta Api (KA) jarak jauh baru saat pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023.

Liputan6.com, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan dua Kereta Api (KA) jarak jauh baru saat pemberlakuan  Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 pada 1 Juni 2023.

"Dua KA tersebut yaitu KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir (PP) dan KA Pandalungan relasi Jember – Surabaya – Gambir (PP)," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Senin (22/5/2023).

Luqman menjelaskan, untuk kelas pelayanannya, KA Argo Semeru terdiri dari sembilan kereta eksekutif dengan jam keberangkatan pukul 09.05 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng, datang di Stasiun Gambir pukul 19.40 WIB dan beroperasi setiap hari.

"Sedangkan KA Pandalungan, pada tahap awal akan beroperasi pada akhir pekan, jadwal dari Surabaya Pasarturi tujuan Gambir dengan jam keberangkatan pukul 19.05 WIB dan dari Surabaya Pasarturi tujuan Jember dengan jam keberangkatan pukul 06.48 WIB," ucapnya.

KA Argo Semeru terdiri dari sembilan kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 450 penumpang. Sedang KA Pandalungan terdiri dari 8 kereta kelas eksekutif dengan jumlah kapasitas maksimal sebanyak 400 penumpang.

“Pengoperasian dua KA baru ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan kereta api,” ujar Luqman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Pilihan Alternatif

Pengoperasian KA Argo Semeru dan KA Pandalungan merupakan KA jarak jauh terbaru yang beroperasi pada Gapeka 2023. KA Argo Semeru menawarkan alternatif perjalanan KA kelas eksekutif Surabaya Gubeng - Gambir lewat jalur selatan pada pagi hari, dengan waktu tempuh 10 jam 35 menit.

"Sedangkan KA Pandalungan, dengan relasi Jember – Surabaya – Gambir menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh," ucap Luqman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.