Sukses

Eri Cahyadi Siap Maju ke PUPR Demi Kantongi Izin GBT untuk Laga Persebaya

Kementerian PUPR memang memegang tanggung jawab pengerjaan enam renovasi stadion yang sebelumnya diproyeksikan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi siap mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna membahas izin penggunaan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) untuk menggelar laga persahabatan Persebaya.

Laga persahabatan yang bakal dilakoni Persebaya dalam waktu dekat yakni "730 Games" melawan Bali United, pada 28 Mei 2023 sekaligus merayakan ulang tahun Kota Surabaya.

Kemudian, satu pertandingan lainnya dilaksanakan pada bulan Juni guna memperingati Hari Jadi Persebaya.

"Insya Allah Kamis saya dengan Mas Azrul ke Menteri PUPR, sekaligus mengirimkan surat untuk meminta izin. Sehingga, 28 Mei dan Juni bisa digunakan," kata Eri seusai pertemuan dengan manajemen dan perwakilan suporter Persebaya di Balai Kota Surabaya, dilansir dari Antara, Selasa (9/5/2023).

Kementerian PUPR memang memegang tanggung jawab pengerjaan enam renovasi stadion yang sebelumnya diproyeksikan menggelar pertandingan Piala Dunia U-20.

Saat status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 ditanggalkan FIFA, tahapan renovasi terus berjalan. Kini, proses memasuki tahapan sulam rumput.

"Saya sampaikan stadion ini menjadi kewenangan Menteri PUPR," ujarnya

Cak Eri, sapaan akrabnya, menyebut penyulaman rumput atau pitch stitching di Gelora Bung Tomo awalnya diprediksi rampung pada April 2023. Namun, saat itu proses pengerjaan terkendala persoalan tekstur tanah di lapangan utama.

Alhasil, proses sulam rumput ditunda dan dialihkan menuju Stadion Manahan Solo.

"Sempat di Surabaya, ternyata di Surabaya banyak batu. Terus ke Solo, setelah selesai saya pikir balik ke Surabaya, ternyata ke GBK (Gelora Bung Karno) dulu dan dari GBK ke Palembang baru ke Surabaya," tuturnya.

Terkait kontrak pengerjaan, Eri menyebut hal itu bakal selesai pada 20 Juni 2023.

"Tanggal itu serah terima, berarti sudah dipakai. Yang jadi masalah itu sampai 20 Juni, ngobras sukete kapan jadwale (sulam rumput kapan jadwalnya)," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Vs Palestina

Eri berharap izin penggunaan GBT untuk menggelar dua laga persahabatan bagi Persebaya bisa dikabulkan oleh Kementerian PUPR.

Pasalnya, Stadion di wilayah barat Kota Surabaya juga bakal dijadikan lokasi pertandingan antara Tim Nasional Indonesia melawan Palestina, pada pertengahan bulan Juni 2023.

"Kami akan dukung penuh agar ini bisa berjalan. Saya ditelepon pengurus PSSI, Surabaya akan digunakan untuk pertandingan Indonesia melawan Palestina tanggal 14 Juni 2023. Saya berharap, ini juga bisa digunakan untuk Persebaya," ucapnya.

Di tempat sama, Manajer Persebaya Yahya Alkatiri memastikan mendukung langkah yang diambil Eri Cahyadi untuk meminta izin secara langsung ke Kementerian PUPR.

Dia berharap upaya tersebut pada akhirnya bisa menghasilkan keputusan terbaik untuk "bajol ijo". "Saya rasa keputusan yang bijak dan masalah cepat selesai. Semoga bisa dipakai," ucapnya.

Yahya mengaku sudah berkoordinasi bersama manajemen Bali United terkait rencana laga "730 Games". Pun demikian dengan izin ke pihak kepolisian. "Kami sudah kirim surat ke polisi," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.