Sukses

Parkir Kendaraan Gratis untuk Warga Sumenep yang Mudik di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Dinas Perhubungan Situbondo menyiapkan lahan parkir gratis di Pelabuhan Jangkar, bagi warga yang hendak mudik ke berbagai kepulauan di Sumenep Madura yang tidak membawa serta kendaraanya.

Liputan6.com, Situbondo - Dinas Perhubungan Situbondo menyiapkan lahan parkir gratis di Pelabuhan Jangkar, bagi warga yang hendak mudik ke berbagai kepulauan di Sumenep Madura yang tidak membawa serta kendaraanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Situbondo Lina Yuliana Soeherman mengatakan, lahan parkir gratis di kawasan Pelabuhan Jangkar tersebut, bisa digunakan terhitung sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

“Untuk warga yang hendak bepergian atau mudik ke Kepulauan Madura dan ingin menitipkan kendaraan roda dua seperti motor maupun sepeda biasa, bisa memanfaatkan area parkir gratis yang kami sediakan,” ujarnya, Rabu (12/4/2023).

Kata dia, saat ini untuk tempat parkir gratis untuk layanan mudik Lebaran 2023 mulai dibangun oleh petugas Dinas Perhubungan.

“Kemarin petugas sudah menyiapkan peralatan tenda untuk tempat parkir gratis. Karena kami menilai para pemudik ini tidak sebentar pulang kampung. Sehingga butuh tempat yang aman untuk dijadikan tempat parkir,”paparnya.

Parkir gratis itu berlaku selama satu pekan sebelum Lebaran hingga satu pekan setelah Lebaran. Sedangkan kapasitas parkir itu mampu menampung ratusan kendaraan roda dua.

“Waktu tersebut kami sesuaikan dengan arus balik masyarakat yang berasal dari Madura. Jadi selama satu minggu setelah Lebaran kami menilai banyak warga yang sudah kembali lagi dari Madura menggunakan kapal Laut,” tuturnya.

Terkait keamanan, kata Lina, dijamin karena disiagakan petugas jaga 24 Jam di lokasi gratis dan dilengkapi fasilitas keamanan lain untuk mengontrol keamanan.

“Kami akan menambah penerangan di area Pelabuhan Jangkar. Ini tujuannya untuk memudahkan petugas dalam memantau kendaraan yang diparkir,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Fasilitas Istirahat

Sedangkan untuk mengantisipasi banyaknya penumpang kapal feri yang akan pulang kampung, pihaknya menyediakan fasilitas ruang tunggu, sehingga masyarakat yang antre di Pelabuhan dapat beristirahat.

“Kadang ada yang mau mudik tapi jadwal kapal masih besok. Otomatis mereka akan nunggu di pelabuhan. Maka kami sediakan tempat yang nyaman untuk mereka beritirahat,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.