Sukses

KIP di Tempat Rongsokan Lebak Beratnya Capai 400 Kilogram, Dijual Rp 2 Ribu Per Kg

Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, temuan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapak pengepul rongsokan, Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, beratnya mencapai 400 kilogram.

 

Liputan6.com, Lebak - Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, temuan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Lapak pengepul rongsokan, Desa Narimbang Mulya, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, beratnya mencapai 400 kilogram.

KIP tersebut dijual oleh dua orang yang tidak dikenal kepada lapak rongsokan tersebut.

"Dia membeli barang tersebut dari dua orang yang tidak ia kenal seharga Rp800.000 dengan rincian barang tersebut dibeli per kilogramnya seharga Rp2.000, dan total timbangan ada 400 Kg," ujar Wiwin, Senin (10/4/2023).

Kapolres mengatakan pihaknya masih melakukan pendalaman terkait temuan tersebut, dan terkait pelaku penjualan masih dalam penyelidikan.

"Masih dilakukan pendalaman, namun demikian untuk sementara terduga pelaku menjual barang berupa dokumen dan kartu PIP (program Indonesia Pintar) tahun 2019 dan 2020 ke lapak rongsok, masih dalam tahap penyelidikan (identitas pelaku-red)," ujarnya.

Dalam hal tersebut, pihak kepolisian telah mengamankan 699 buah dokumen dan kartu PIP untuk SMKN dan SMKS di wilayah kabupaten Lebak.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panggil Kepala Sekolah

Kapolres mengatakan pihaknya akan meminta keterangan dari BNI selaku pihak yang menyalurkan dana bantuan PIP. 

"Petugas juga akan memeriksa kepala sekolah dan siswa yang namanya tercantum di dokumen tersebut, termasuk dinas dan kementerian. Kami akan bekerja keras untuk mendalami kasus penemuan ribuan KIP di lapak rongsokan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini