Sukses

Pemprov Buka Pendaftaran Mudik Gratis untuk Warga Jatim di DKI Jakarta, Catat Tanggal Berangkatnya

Selain menggelar mudik gratis dari Surabaya menuju sejumlah kota di Jawa Timur, Pemprov Jatim juga menyiapkan mudik gratis bagi warga Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta.

Liputan6.com, Surabaya - Selain menggelar mudik gratis dari Surabaya menuju sejumlah kota di Jawa Timur, Pemprov Jatim juga menyiapkan mudik gratis bagi warga  Jatim yang tinggal dan bekerja di Ibukota Jakarta.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, sebanyak 34 bus, dimana 20 bus akan diberangkatkan pada 18 April menuju Jatim dari Jakarta dari anjungan Jawa Timur TMII Jakarta serta armada bus balik gratis dari Jatim menuju ke Jakarta sebanyak 14 bus.

“Mulai 27 Maret sampai 10 April 2023 melalui alamat website mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id masyarakat bisa mulai mendaftarkan diri secara online,” ungkapnya di Gedung Negara Grahadi, Senin (27/3/2023).

Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan mudik gratis untuk jalur laut untuk warga yang tinggal di Kepulauan Raas Sumenep Madura.

Pemprov Jatim mempersiapkan Rute Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas dengan jumlah retase 6 kali Pulang Pergi dengan daya tampung penumpang sekitar 2.400 penumpang menggunakan Kapal  KMP. Wicitra Dharma I.

Khofifah menegaskan, bagi yang ingin mendaftar, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 1 sd 20 April 2023 secara offline dengan jadwal mudik P. Jangkar - Raas PP pada 16, 18, 20 April 2023.

Sedangkan, rencana jadwal balik dari Pulau Raas – Pelabuhan Jangkar PP pada tanggal 26 April, 29 april dan 2 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urai Kemacetan

“Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mudik di Pulau Raas dengan langsung mengunjungi loket operator PT. DDU di Pulau Raas dan pelabuhan Jangkar,” urainya.

Tahun ini, Khofifah menuturkan, ada inovasi untuk mengurangi serta mengurai kemacetan di Jalan Raya dengan mengangkut sepeda motor melalui Mudik Gratis Sepeda motor.

Adapun Mudik Gratis Sepeda Motor ini pemberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2023 tempat dari Kantor Dishub Jatim dengan tujuan Madiun, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Jember dan Banyuwangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.