Sukses

Susuri Pasar Apung Lok Baintan Banjarmasin, Anies Baswedan Puji Kesigapan Pedagang Jaga Perahu Tetap Stabil

Anies juga menyaksikan langsung pasar terapung yang mayoritas pedagangnya adalah ibu-ibu. Puluhan Jukung, perahu tradisional yang biasa digunakan masyarakat di sekitar Sungai Martapura, berkumpul setiap pagi di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden yang diusung Nasdem, Demokrat dan PKS Anies Baswedan menyusuri Sungai Martapura saat kunjungan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Anies memuji sikap warga yang menjadikan rumah mereka menghadap ke sungai. Mereka tidak menjadikan sungai bagian belakang rumah, tetapi jadi beranda rumah.

"Masyarakat Banjar sangat menjaga sungainya sebagai bagian dari kehidupannya. Falsafah hidup Urang Banjar dalam menjaga sungainya, sangat menginspirasi," ujarnya, dikutip dari akun media sosialnya, Kamis (17/2/2023).

Anies juga menyaksikan langsung pasar terapung yang mayoritas pedagangnya adalah ibu-ibu.  Puluhan Jukung, perahu tradisional yang biasa digunakan masyarakat di sekitar Sungai Martapura, berkumpul setiap pagi di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan.

Pedagang yang mayoritas ibu-ibu, berlomba menawarkan dagangannya. Meskipun perahunya sering saling bertabrakan.

"Mereka sigap mengambil posisi menstabilkan perahu atau menunduk menghindari himpitan perahu yang lebih besar. Tak kenal takut," ujarnya.

Pasar Terapung ini sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Budaya Banjar memang identik dengan kehidupan sungai. Kedua pedagang dari dua sisi Sungai Martapura yang lebar, bertemu di tengah untuk saling menjajakan dagangannya. Sistem barter masih bisa dijumpai di sini.

"Saya lahir di sini, sudah biasa. Nggak takut lah," kata seorang ibu sambil berdiri di atas jukung, menawarkan dagangannya.

Puluhan Jukung, perahu tradisional yang biasa digunakan masyarakat di sekitar Sungai Martapura, berkumpul setiap pagi di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temui Kepala Daerah

Partai Demokrat menyebut kehadiran bakal Calon Presiden Anies Baswedan di daerah selalu disambut oleh kepala daerah. Anies juga selalu diagendakan melakukan silaturahmi dengan para kepala daerah yang didatanginya.

"Setiap kesempatan kunjungan daerah selalu diagendakan silaturahmi dengan kepala daerah," ujar Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani, Kamis (16/2).

Terutama, kepala daerah dari Partai Demokrat yang selalu menyambut kunjungan Anies ketika menyapa masyarakat di daerah-daerah. Kamhar mengaku tidak pernah mendengar kabar kepala daerah tidak ingin menyambut Anies karena ada tekanan.

"Sepengetahuan kami untuk kepala-kepala daerah dari Partai Demokrat selalu menyambut baik dan menerima kunjungan Mas Anies," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.