Sukses

Bangunan Budidaya Jamur di Banyuwangi Ludes Kebakaran, Pemilik Tekor Puluhan Juta

Bangunan budidaya jamur yang terbakar milik Orang Urihono (56), warga setempat. Beruntung api berhasil dipadamkan dan tidak sampai merembet ke bangunan rumah warga.

Liputan6.com, Banyuwangi - Bangunan budidaya jamur di Kelurahan Sumberrejo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi ludes dilalap si jago merah, Kamis (10/2/2023) malam.

Bangunan budidaya jamur yang terbakar milik Orang Urihono (56), warga setempat. Beruntung api berhasil dipadamkan dan tidak sampai merembet ke bangunan rumah warga.

Kapolsek Banyuwangi AKP Kusmin mengatakan, kebakaran terjadi malam sekitar pukul 21.00 WIB.  "Yang pertama mengetahui adalah pemiliknya sendiri," kata Kusmin, Jumat (10/2/2023).

Bangunan tempat budidaya jamur yang terbuat dari kayu membuat api cepat menyebar. Pemilik dan warga sempat berupaya menjinakkan api dengan alat seadanya. Namun upaya itu tak berhasil.

Warga kemudian menghubungi tim pemadam kebakaran Kabupaten Banyuwangi. Petugas damkar menerjunkan tiga unit mobil pemadam ke lokasi.

Kusmin menjelaskan, api akhirnya berhasil padamkan satu jam setelah kejadian. Saat itu, bangunan telah rata gosong hampir seluruhnya.

"Kebakaran ini diduga berasal dari sisa abu bakar di dalam rumah induk yang dibuang di dekat tempat budidaya," katanya.

Lokasi abu bakar dibuang berjarak sekitar 25 meter dari tempat budidaya jamur. Kemungkinan besar, abu tersebut belum sepenuhnya padam.

Bara api kemudian membakar sampah dekat lokasi pembuangan hingga merembet ke bangunan budidaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerugian

"Kebetulan sekitar lokasi itu banyak barang yang mudah terbakar sehingga api cepat membesar dan terjadi kebakaran," lanjutnya.

Kusmin menjelaskan, kerugian pemilik bangunan itu diperkirakan sekitar Rp 10 juta. Selain itu, usaha budidaya jamur pemilik bangunan juga terhenti.

“Namun alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peritiwa ini meski  bangunanya ludes terbakar,”pungkas Kusmin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.