Sukses

Gibran Masuk Radar PDIP untuk Pilgub DKI Jakarta 2024, Dinilai Berhasil Pimpin Daerah

Liputan6.com, Jakarta - PDIP DKI Jakarta mulai menjaring nama-nama yang akan diusung untuk Pilkada 2024 mendatang. Ada empat nama yang masuk radar, salah satunya wali kota Solo saat ini Gibran Rakabuming Raka atau Gibran.

“Dalam diskusi internal partai, kita sudah mendiskusikan beberapa kepala daerah yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya. Salah satunya adalah Mas Gibran. Selain itu ada Bu Risma (Tri Rismaharini), Pak Hendi (Hendrar Prihadi) yang sekarang Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Mas Anas (Azwar Anas) yang sekarang di Menpan RB,” kata Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (7/2/2023).

 

Gembong menyatakan bahwa nama-nama itu dipilih karena dianggap berhasil memimpin daerahnya. Diskusi itu, kata Gembong berlangsung di internal PDIP.

"Dalam diskusi internal partai, kita sudah mendisukusikan beberapa kepala daerah yang kita anggap berhasil memimpin daerahnya. Salah satunya adalah mas gibran," jelas Gembong.

Gembong menuturkan bahwa partainya memang berniat mengusung calon gubernur (cagub) dari kader partai sendiri. Hal tersebut, ujar Gembong telah sesuai dengan visi partai untuk mencetak para pemimpin

"Ya tugas partai kan adalah untuk mencetak kader kan, tugas partai mencetak calon pemimpin, kewajiban kita menghadirkan hasil dari rekrutmen yang dilakukan oleh partai kemudian kita munculkan sebagai pemimpin, supaya fungsi partai betul-betul efektif," kata dia.

Lebih lanjut, Gembong menyampaikan bahwa saat ini partainya belum akan membuka peluang untuk mengusung calon di luar kader partai. PDIP, kata dia masih perlu menapaki tahapan-tahapan penyaringan para calon gubernur untuk maju di Pilgub DKI 2024.

"Belum, kita masih berkutat di internal, khususnya kepala daerah dulu," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Gerindra

Sebelumnya, Partai Gerindra juga menyatakan dukungan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada 2024. Gerindra siap menjadi partai pengusung Gibran.

"Sebagai salah satu pengusung pada kontestasi di Pilwakot Solo, Partai Gerindra tentunya termasuk ikut yang akan mendukung apabila kemudian mas Gibran mau maju ke Pilgub," ujar Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Gerindra menunggu bagaimana keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terhadap Gibran di Pilkada 2024. Belum jelas apakah Gibran akan maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Tapi kan kita sama-sama tahu bahwa mas Gibran akan melakukan konsultasi dulu ke Ketua Umum PDIP dan tentu kita akan tunggu hasilnya," ujar Dasco.

Sementara itu, Dasco belum tegas apakah ada rencana memasangkan Gibran dengan bakal calon gubernur DKI Jakarta dari Gerindra yaitu Ahmad Riza Patria. Soal pasang memasangkan calon akan diputuskan bersama antar partai politik.

"Soal keputusan mengenai siapa yang akan mendampingi misalnya, itu kan akan diputuskan dengan partai-patai koalisi, saya rasa kan begitu," ujar wakil ketua DPR RI ini.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka telah menyatakan siap maju sebagai calon gubernur. Namun, Gibran menunggu keputusan Megawati. Ia belum tahu apakah akan maju di DKI atau Jawa Tengah.

Kemarin usai bertemu dengan Gibran, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menilai putra sulung Jokowi itu cocok untuk maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Prabowo memberi dukungan kepada Gibran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.