Sukses

6 Fakta Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Lokasi Puncak Harlah 1 Abad NU

Puncak peringatan 1 abab NU akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023. Diprediksi satu jugawarga nahdliyin akan membanjir Sidoarjo meyarakat 100 tahun perjalanan NU.

Liputan6.com, Jakarta - Puncak peringatan 1 abad NU akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa 7 Februari 2023. Diprediksi satu jugawarga nahdliyin akan membanjir Sidoarjo meyarakat 100 tahun perjalanan NU.

Dikenal sebagai stadion kebanggaan warga Sidoarjo, Gelora Delta lebih sering dipergunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola. Stadion ini menjadi markas tim sepakbola Deltras FC Sidoarjo.

Berikut 6 fakta Stadion Delta Sidoarjo:

1. Berkapasitas 35 Ribu

Stadion Delta Sidoarjo terletak di Jala Pahlawan, Wismasarinadi, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Stadion ini mampu menampung 35 ribu penonton untuk pertandingan sepakbola.

 

2. Bagian dari GOR Sidoarjo

Dilansir laman Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo, Stadion Gelora Delta Sidoarjo merupakan bagian dari Gelanggang Olahraga (GOR) yang merupakan pusat tempat olahraga yang lokasinya terletak di tengah kota Sidoarjo.

Selain olahraga, tempat ini sering dijadikan tempat untuk wisata untuk masyarakat yang berada di Sidoarjo.

Selain terdapat Stadion Gelora Delta Sidoarjo, terdapat juga sejumpah fasilitas di antaranya Lapangan Serbaguna Indoor, Kolam Renang, Sasana Tinju, Jogging Track, dan Lapangan Tenis. GDS memiliki apasitas parkir yang sangat luas yang mampu menampung banyak kendaraan hingga nyaman untuk menggelar kegiatan besar.

3. Akses Mudah

Akses menuju lokasi ini juga terbilang sangat mudah karena dekat dengan exit tol Sidoarjo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inisiasi Bupati Sidoarjo Sugondo

4. Didirikan pada 1984 

Gelora Delta Sidoarjo didirikan pada tahun 1984 atas inisiasi Bupati Sidoarjo saat itu, Sugondo. Diawali dengan didirikannya kolam renang. Kemudian dilanjutkan didirikannya lapangan tenis pada 1986, gedung serbaguna pada 1987, dan lapangan bola pada 1999.

5. Digunakan untuk PON 2000 Jatim

Gelora Delta pernah digunakan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XV 2000 Jawa Timur. Peresmian GDS bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XV dan diresmikan oleh Presiden RI yang saat itu dijabat BJ Habibie.

6. Asal Nama Delta

Dinamakan Delta diambil karena Kabupaten Sidoarjo dikelilingi Sungai Berantas dan laut Jawa. Hal ini diputuskan melalui surat keputusan (SK) Bupati Sidoarjo Nomor 110 Tahun 1998.

Selain momentum olahraga yakni PON, GDS juga pernah digunakan untuk berbagai ajang akbar seperti kegiatan istoghotsah akbar yang dihadiri oleh ratusan ribu warga Nahdlatul Ulama (NU) pada 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.