Sukses

Tips Jaga Berat Badan Saat Konsumsi Makanan Imlek ala Ahli Gizi di Surabaya

Wanita yang akrab disapa Mei ini mencontoh, misalkan perayaan Tahun Baru Imlek itu digelar pada malam hari, maka tetap boleh mengkonsumsi gorengan.

Liputan6.com, Surabaya - Ahli gizi dari klinik Light House Surabaya Meilani Christanti membagikan sejumlah tips menjaga berat badan saat mengkonsumsi makanan pada perayaan Tahun Baru Imlek, Minggu 22 Januari mendatang.

"Pada perayaan Tahun Baru Imlek biasanya banyak makanan tepung-tepungan alias goreng yang disajikan. Apakah kita boleh mengkonsumsi makanan itu pada saat perayaan tahun baru Imlek. Kita boleh makan tapi tetap harus dengan batasan porsi tertentu," ujarnya, ditulis Senin (16/1/2023).

Wanita yang akrab disapa Mei ini mencontoh, misalkan perayaan Tahun Baru Imlek itu digelar pada malam hari, maka tetap boleh mengkonsumsi gorengan.

"Kita boleh makan gorengan itu di malam hari tapi usahakan di pagi dan siang hari kita mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan serat," ucapnya.

"Jangan sampai satu hari full mengkonsumsi makanan gorengan supaya berat badan kita tetap terkontrol," imbuh Mei.

Selanjutnya, Mei juga menjelaskan tentang istilah Cheat Meal atau Cheating Day (hari libur diet) atau memberikan kebebasan kepada diri sendiri untuk makan apa saja, tetapi masih dalam jumlah wajar.

Menurutnya, sebenarnya kalau melihat makanan tidak ada istilah makanan jahat. Tapi memang ada makanan yang tinggi kalorinya dan jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menaikan berat badan kita."Apakah kita boleh memakan makanan yang tinggi kalori, jawabbnya boleh. Yang penting satu kali saja dalam satu hari maksimalnya," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jajanan Khas

"Jadi tidak ada istilah Cheat Meal atau Cheating Day, tapi kita harus tahu batasan porsinya hanya cukup satu kali saja dalam sehari," tambah Mei.

Diketahui, perayaan Imlek di Indonesia jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023. Biasanya jajanan khas yang disajikan adalah Moon Cake, Manisan Segi Delapan, Kue Mangkuk, Lapis Legit serta Jeruk Mandarin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.