Sukses

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Keluarkan Asap Putih Setinggi 1 Kilometer

Liputan6.com, Lumajang - Gunung Semeru di Lumajang kembali erupsi. Gunung yang mempunyai ketinggain 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengeluarkan asap tebal berwarna putih kelabu dengan ketinggian mencapai 500 hingga 1.000 meter.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, letusan teramati sebanyak empat kali dengan tinggi asapsekitar 500-1.000 meter, warna asap putih kelabu condong kea rah utara dan barat daya,” ujar Kepala bidang Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswanto, Sabu (14/1/2023).

Sementara itu, berdasarkan data dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur pada periode 13 Januari 2023 pukul 06.00-12.00 Wib menyebutkan secara visual juga teramati guguran sebanyak tiga kali dengan jarak luncur 800meter ke arah Besuk Kobokan.

“Untuk aktivitas kegempaan tercatat letusan sebanyak 19 kali dengan amplitude 13-12 mm, kemudian guguran sebanyak satu kali dengan amplitude 4, hembusan satu kali dengan amplitude 3 mm, dan tektonik jauh sebanyak dua kali dengan amplitude 10-20 mm,” paparnya.

Ia menjelaskan aktivitas Gunung Semeru setiap hari mengalami erupsi dan hal tersebut merupakan hal yang wajar seiring dengan status gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut berada pada level III atau Siaga.

“Sejauh ini tidak ada dampak yang terjadi akibat erupsi Semeru yang mengeluarkan asap dengan ketinggian 1.000 meter, namun Tim Reaksi Cepat (TRC) terus memantai perkembangan di lapangan,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Dilarang Beraktivitas 13 Km dari Puncak Kawah

Berdasarkan rekemomendasi Badan Geologi Kementerian ESDM RI, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor  tenggara di sepanajang Besuk Kobokan sejauh 13 Km dari pucak.

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai atau sepadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena  berpotensi terland perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

“Masyarakat diimbau tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar,” tuturnya.

Masyarakat juga diminta mewaspadai potensi awan panas guguran (APG) guguran lava, dan lahar di sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.