Sukses

125 Anggota PPK Banyuwangi Dilantik, Ipuk: Jalankan Tugas dengan Amanah

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji dilakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman. Pelantikan PPK ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebanyak 125 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banyuwangi yang akan bertugas pada Pemilu 2024 resmi dilantik.

"Semoga anggota PPK yang baru saja dilantik bisa bertanggung jawab dengan tugas berat yang menanti di depan. Menjalankan tugas dengan amanah," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Rabu (4/1/2022).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji dilakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman. Pelantikan PPK ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Ipuk menyatakan tanggung jawab dan tugas PPK tidak ringan. Tugas pokok dan fungsi PPK sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu, mulai tahap perencanaan sampai dengan evaluasi.

“Untuk itu segera melakukan koordinasi dengan petugas di masing-masing kecamatan. Kami dari Pemkab siap berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu demi kelancaran pemilu,” tegasnya.

Bupati juga mengapresiasi langkah KPU memberikan ruang bagi perempuan untuk ikut dalam keanggotaan PPK. Diketahui setiap PPK memiliki anggota perempuan di dalamnya. 

“Saya apresiasi langkah KPU yang bukan hanya transparan tapi juga inklusif. Semoga tim yang sudah dibentuk dari masing masing kecamatan bisa menjaga netralitas sehingga terselenggara Pemilu yang aman, nyaman, dan damai tanpa ada pihak-pihak yang merasa dirugikan,” katanya.

PPK Pemilu 2024 yang dibentuk terdiri atas 5 anggota untuk setiap kecamatan. Nantinya, mereka akan langsung bekerja menyiapkan Pemilu 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pemilu

Selanjutnya, pada tahapan pemilu 2024, akan dimulai tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih. Pemutakhiran Data Pemilih berupa Pencocokan dan Penelitian (Coklit) akan dilaksanakan hingga 21 Juni 2023 mendatang.

“Tadi sudah dibacakan sumpah dan pakta integritas, saya mohon ini dimaknai sepanjang bapak-ibu bertugas menjadi anggota PPK,” Ketua KPU Dwi Anggraini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.