Sukses

Pohon Tumbang di Ranupani, Jalur Lumajang-Malang Macet 4 Kilometer

Sejumlah pohon di wilayah Kabupaten Lumajang, dilaporkan tumbang, sejak beberapa hari terakhir ini. Tumbangnya pohon tersebut diduga akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang.

Liputan6.com, Lumajang - Pohon tumbang di Kawasan Hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Desa Ranupani, Kecamatan Senduro Lumajang, membuat ruas jalan tersebut macet total. jalur Lumajang menuju Malang di kawasan tersebut mengular hingga empat kilometer.

Petugas Pusdalops BPBD Lumajang Nur Cahyo mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Tumbangnya pohon tersebut diduga akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (1/1/2023) malam di Kawasan TNBTS, sedangkan kejadian pohon tumbang dilaporkan pada Senin pagi. Tim BPBD yang mendapati aporan kemudian bergegas menuju TKP dengan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

“TRC BPBD Kabupaten Lumajang tiba dilokasi pohon tumbang dan bersama anggota Koramil Senduro, TNBTS dan warga memotong pohon akses jalan berhasil dibuka untuk roda dua dengan mengutamakan faktor keselamatan pengguna jalan karena licin,” ujarnya, Selasa (3/1/2023).

Ia menambahkan, pembersihan jalur tidak berlangsung lama, karena sejumlah relawan dan petugas dari TNBTS sekaligus TNI Polri juga membantu proses evakuasi pohon tumbang.

“Alhamdulillah Proses evakuasi berjalan lancar dan cepat karena tim gabungan yang terdiri dari Polri TNI dan BPBD Lumajang langsung turun ke lokasi mengevakuasi pohon tumbang tersebut,” tambahnya.

Cahyo mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem. Saat hujan deras disertai angin kencang. Sebaiknya masyarakat tidak meneduh di bawah pohon, terlebih  lagi memilihi dahan yang rimbun.

“Dikhawatirkan pohon tersebut disapu angin dan patah. Untuk itu carilah tempat berteduh yang aman jika  kejebak hujan,” paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.