Sukses

Sungai Karang Meluap, Pesisir Selatan Trenggalek Kembali Terendam Banjir

Informasi dari Tim Reaksi Cepat (TRC) setempat, banjir bandang terjadi akibat luapan air Sungai Karang sehingga menggenangi jalan nasional serta pemukiman dan areal persawahan di sekitarnya.

 

 

Liputan6.com, Surabaya - Kawasan pesisir selatan Trenggalek, yaitu kecamatan Panggul, kembali diterjang banjir pada Rabu 14 Desember 2022. Akibatnya, lalu lintas jalur selatan daerah itu putus atau lumpuh beberapa jam.

Informasi dari Tim Reaksi Cepat (TRC) setempat, banjir bandang terjadi akibat luapan air Sungai Karang sehingga menggenangi jalan nasional serta pemukiman dan areal persawahan di sekitarnya. Tidak ada korban jiwa, luka ataupun kerusakan berarti akibat banjir tersebut.

Namun banjir yang melanda sejak pukul 12.30 WIB dilaporkan telah menyebabkan arus lalu lintas macet dari dua arah. Baik dari arah Kabupaten Pacitan yang melalui JLS, maupun sebaliknya dari arah Trenggalek menuju Pacitan.

Air sungai itu meluap karena tidak mampu menampung debit air yang meningkat akibat tingginya curah hujan. Apalagi sungai itu menjadi muara dua sungai di atasnya, sehingga jika hujan deras lokasi itu kerap dilanda banjir luapan," kata anggota TRC Kecamatan Panggul, Sumarsono.

Selain berdampak terhadap arus lalu lintas kendaraan, banjir 'musiman' itu juga sempat menggenangi belasan rumah warga, sebuah toko waralaba modern hingga halaman Mapolsek Panggul.

"Namun tidak sampai terjadi antrean kendaraan panjang. Air juga sempat masuk ke beberapa rumah warga. Sekitar pukul 12.30 WIB banjir, tapi sekitar pukul 15.00 WIB air sudah surut dan jalan itu sudah bisa dilalui dengan normal," tuturnya, dikutip dari Antara.

Meskipun sudah dapat dilalui, pengguna jalan diimbau untuk waspada saat melintas karena kondisi jalan yang licin akibat banjir.

Selain itu, jika wilayah tersebut kembali diguyur hujan, dampak potensi banjir luapan tidak menutup kemungkinan bakal kembali melumpuhkan jalan raya antardaerah tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengguna Jalan Diimbau Hati-Hati

Sebelumnya lokasi itu juga dilanda banjir luapan pada 26 September 2022. "Untuk itu kami imbau kepada pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dan waspada saat melintas," katanya.

Selain wilayah Kecamatan Panggul, dia wilayah pesisir selatan Trenggalek sebelumnya juga dilanda banjir bandang, yakni di wilayah Kecamatan Munjungan dan Watulimo.

Banjir lebih besar dan berskala luas bahkan sempat terjadi dan menerjang 30 desa di lima kecamatan yang ada di wilayah dataran yang dipicu curah hujan tinggi.

Selain itu, dampak bencana hidrometeorologi itu juga menyebabkan 65 lokasi longsor di 23 desa dari 8 kecamatan pada 18 Oktober lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.