Sukses

Satu Dekade Banyuwangi Ethno Carnival Suguhkan Kekayaan Budaya Bumi Blambangan

Tahun ini Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) memasuki satu dekade. Di tahun 2022 ini, BEC, mengangkat tema The Diversity Of Banyuwangi Culture.

Liputan6.com, Banyuwangi - Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) memasuki satu dekade tahun ini. BEC  mengangkat tema The Diversity Of Banyuwangi Culture.

BEC bakal menyuguhkan keragaman etnis yang ada di Bumi Blambangan. Mulai dari suku Osing, Jawa, Madura, Bali, Mandar, hingga budaya Arab dan Mandarin yang memperkaya keragaman seni dan budaya Banyuwangi.

"Banyuwangi memiliki keberagaman suku. Tapi mereka bahu membahu membangun Banyuwangi. Saling membantu dan bekerjasama, karenanya disebut Tamansarine Nusantara," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (10/12/2022).

Pihaknya melibatkan ratusan seniman muda mulai dari peraga kostum, pemusik, hingga desainer busana. Kami juga libatkan profesional untuk memberikan berbagai materi kepada peserta. Seperti runway, fashion dance, ekspresi, dan tari tradisional.

Para peserta yang terlibat dalam proses parade telah mengikuti rangkaian proses sebelum gladi resik. Salah satunya workshop yang diikuti peserta mulai pelajar tingkat SD hingga perguruan tinggi.

Bupati Ipuk memotivasi para talent yang sedang melaksanakan latihan. Ia berpesan agar mereka menampilkan yang terbaik dan menjaga kesehatan sebelum tampil.

"Ayo semangat, jangan lupa tersenyum dan tampilkan yang terbaik. BEC tidak akan sukses tanpa dukungan dan kerjasama dari kalian semua," harap Ipuk.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Mohammad Yanuar  Bramuda menjelaskan, para talent akan berparade di sepanjang catwalk jalanan kota Banyuwangi menampilkan beragam busana etnik yang dikreasi secara kontemporer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parade

"Puluhan fashion yang akan diparadekan bakal disajikan secara tematik, merepresentasikan masing-masing etnis. Event ini juga tampilkan fragmen tentang bagaimana semua etnis yang ada di Banyuwangi ini kompak membangun daerah," jelas Bram.

Parade BEC akan dimulai dari kawasan Lorong Bambu di Gesibu Blambangan menuju jalan Susuit Tubun, belok kiri menuju perliman, lurus ke jalan A.Yani dan finish di Kantor Bupati Banyuwangi.

"Acara dimulai pukul 14.00, diawali pertunjukan tari kolosal oleh penari dan beragam atraksi menarik lainnya," tambah Bramuda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.