Sukses

Status Semeru Turun dari Level Awas ke Siaga

Liputan6.com, Lumajang - Status Gunung Semeru turun dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga). Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi, Jumat (9/12/2022).

"Pertimbangannya menurut rilis diterima dan dipelajari walaupun aktivitas vulkanik kegempaan beberapa kali terekam tetapi potensi terjadi APG yang lebih besar masih memerlukan akumulasi waktu cukup lama jadi pertimbangan mungkin penurunan status Level IV Awas menjadi Level III Siaga," ungkapnya.

Patria mengungkapkan, hasil pemantauan visual dan kegempaan, PVMBG berkeputusan menurunkan tingkat aktivitas Semeru dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga) sejak 9 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Lanjut dia, tingkat aktivitas Gunung Semeru tersebut akan ditinjau kembali jika terdapat kemunculan gempa-gempa vulkanik dan deformasi yang berkaitan dengan proses supply magma ke permukaan dalam kecenderungan yang signifikan.

Patria menambahkan, dalam tingkat aktivitas Level III (SIAGA), direkomendasikan agar tidak aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan dan Kali Lanang sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak aktivitas di sungai dan tidak aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

"Rekomendasi tentu tetap pada radius 13 km sepanjang aliran tidak ada aktivitas 500 meter kanan kiri sungai tidak ada aktivitas masyarakat," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Prabowo Puji Penanganan Erupsi Semeru

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memuji penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru.

"Pemerintah daerah, TNI, Polri dan relawan, saya lihat kerja keras bersama-sama untuk segera membantu rakyat," ujar Prabowo Subianto, Jumat (9/12/2022).

Prabowo menyampaikan, maksud kunjungannya adalah mengetahui langsung kondisi terkini pasca erupsi Semeru. 

"Saya ingin melihat keadaan dan ingin mendengar kesulitan-kesulitan yang masih diatasi," katanya.

Prabowo menyerahkan bantuan sembako kepada para pengungsi serta 10 motor Kawasaki KLX 150 kepada Danramil 0821/14 Pronojiwo Lumajang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS