Sukses

Macan Tutul Sapa Warga di Lereng Gunung Raung, Petugas Gencarkan Patroli

Liputan6.com, Banyuwangi - Warga di sekitar lereng Gunung Raung, tepatnya di Kawasan Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, mengaku kerap dijumpai macan tutul di lahan tegalan perkebunan.

Terakhir macan tutul yang mempunyai nama latin Panthera pardus melas itu, menampakan diri kepada Edi, salah satu warga Dusun Kampung Anyar, Desa Sumberarum.

“Iya, saya kemarin melihat macan tutul ada di tegalan perkebunan itu,”ucap Edi, Selasa (6/12/202).

Mendengar laporan itu, Kepala Desa Suberarum Ali Nurfatoni bersama kepolisian dan TNI melakukan patroli di lereng Gunung Raung. Dengan membawa perlengkapan lengkap, mereka patroli di sekitar Kawasan penampakan macan tutul tersebut

Menurut Kades Sumberarum Ali Nurfatoni, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak panik, namun tetap waspada jika menjumpai macan tutul lagi di Kawasan lereng Gunung Raung.

“Kami terus patroli dan memberikan pemahaman kepada warga agar tetap waspada dan sementara waktu untuk mengindari kawasan hutan yang dijumpai macan tutul itu, untuk menjaga keselamatan,”ujar Toni, Selasa (6/12/202).

Kata Toni, berdasarkan kesaksial dari sejumlah warga yang mengetahui penampakan macan tutul tersebut, ada beberapa ekor macan tutul yang menampakan dirinya. Mereka diduga satu kawanan yang terdiri dari induk macan dan anaknya.

“Masyarakat yang sempat melihat ada beberapa ekor, diperkirkan itu terdiri dari indukan dan anakan macan tutul,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berkordinasi Dengan BKSDA

Menurut Toni, pihaknya dalam waktu dekat ini akan berkordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) wilayah V Banyuwangi, untuk mengatasi macan tutul yang mendekat ke permukiman  warga lereng Gunung Raung tersebut.

“Kami imbau jangan panik dan tetap waspada, kami sedang berihtiar mengatasinya,” pungkasnya.

Gunung Raung sendiri masuk dalam wilayah Balai Taman Nasional Meru Betiri atau BTNMB. Gunung Raung berbatasan langsung dengan tiga kabupaten yaitu, Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Kabupaten Bondowoso.

.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS