Sukses

Batik Khas Probolinggo Tampil Memukau di IMFW 2022

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto sangat mengapresiasi atas prakarsa Lia Afif.

Liputan6.com, Probolinggo Belasan desain busana batik berbahan dasar batik tulis khas Kabupaten Probolinggo tampil di ajang  Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada Jumat 28 Oktober 2022.

Tampil memukau dan membuat pangling, itulah kesan yang terpancar dari pesona batik tulis Kabupaten Probolinggo saat itu. Dengan motif terbarunya, biru elektrik, merah maron dengan corak bergradasi warna yang tegas, nampak berbanding kontras dengan desain-desain batik dari daerah lain yang lebih terkesan kalem.

Motif dan corak abstrak khas batik tulis Ronggo Mukti yang bernuansa abstrak itu seakan berkawin dengan desain busana batik bernuansa islami besutan desainer ternama Lia Afif itu.

Hal ini diamini Lia Afif saat ditemui seusai gelaran acara bahwa karyanya kali ini benar-benar mendapatkan apresiasi dan respon sangat antusias dari para pecinta fashion.

“Semua pada berkomentar batiknya keren dan benar-benar eye catching banget,” ungkapnya.

Lia Afif mengemukakan, selain sebagai ajang pameran, IMFW juga menjadi jembatan bagi produk UMKM untuk menembus pasar internasional. Dirinya menyebutkan beberapa pelanggan mancanegaranya sudah mulai memesan produknya kali ini.

“Kualitas dari koleksi-koleksi batik tulis Kabupaten Probolinggo sangat bisa untuk mengarah ke pasar internasional. Intinya kualitas batik, warna dan motifnya harus tetap konsisten,” terangnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto sangat mengapresiasi atas prakarsa Lia Afif.

“Selama dua tahun terakhir Lia Afif bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memang sangat concern untuk lebih mengenalkan batik tulis khas Kabupaten Probolinggo di dunia fashion nasional,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasilkan Produk Batik Terbaik

Tak lupa Anung juga mengucapkan terima kasih kepada para UKM yang telah mencurahkan segenap perhatian dan kemampuannya hingga akhirnya mampu menghasilkan produk terbaik dan bisa tampil di ajang IMFW 2022.

“Saya pikir gelaran hari ini bisa kita ambil hikmah dan kita bagi semangatnya untuk para UKM lainnya di Kabupaten Probolinggo, sehingga yang lain ini juga memiliki kesempatan yang sama untuk tampil di event nasional,” jelasnya.

“Kami berharap kedepannya potensi UKM Kabupaten Probolinggo semakin maju dan lebih dikenal di kancah nasional bahkan internasional,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.