Sukses

Stasiun Banyuwangi Diperluas Tahun Depan, Bakal Jadi Ikon Baru Kota Blambangan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperluas Stasiun Banyuwangi Kota dengan bangunan dua lantai. Proyek tersebut rencananya akan di mulai pada awal 2023 madatang.

Liputan6.com, Banyuwangi - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperluas Stasiun Banyuwangi Kota dengan bangunan dua lantai. Proyek tersebut rencananya akan di mulai pada awal 2023 madatang.

“Kami menargetkan, stasiun Banyuwangi kota yang merupakan stasiun di jantung kota Banyuwangi ini akan menjadi ikon yang baik di Banyuwangi,”ujar Manager Hukum dan Humas PT KAI Daop 9 Jember Azhar Zaki Kamis (16/9/2022)

Kata Zaki, untuk proses pembanguananya sendiri akan dilakukans secara bertahap. Hal itu, agar nantinya meski ada pembangunan staisun  layanan Kereta Api di Staisun Banyuwangi Kota tetap berjalan seperti biasa.

“Takutnya nanti kalau dilakukan pembangunan total akan menggagu layanan Kereta Api, jadi kami akan lakukan  bertahap demi tahap,”tambah Zaki

Menurut Zaki, pembugaran Stasiun Banyuwangi Kota ini, bertujuan untuk  mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten ujung Timur Pulau Jawa ini. Sehingga dengan fasilitas staisun yang sangat memadahi, diharapkan bisa menarik minat wisatawan berkunjung ke Banyuwangi.

Pariwisata Banyuwangi cukup terkenal di Indonesia. Maka itu, kami juga ikut berbenah dari sisi stasiun, agar nantinya kunjungan wisatawan  ke Banyuwangi terus meningkat,”papar Zaki.

Adapun konsep bangunan stasiun nantinya tetap mengusung konsep lokal Banyuwangi, yaitu dengan mengangkat arsitektur rumah osing yang merupakan rumah khas suku Osing Banyuwangi.

“Meski konsep lokal, sejumlah fasilitas mewah akan ada di Stasiun Banyuwangi kota nantinya. Sehingga setiap penumpang tetap bisa menikmati fasilitas yang disediakan," ucapnya.

Di Stasiun Banyuwangi Kota juga akan dilengkapi dengan kios-kios yang menawarkan produk UMKM lokal Banyuwangi.

"termasuk di kios ini nanti  ada aneka kuliner, pusat perbelanjaan dan tentunya parkir yang luas dan memadahi, sehingga stasiun ini selain luas juga memadahi calon penumpang dan keluarganya,”tegas Zaki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluasan hingga 3,5 hektare

Adapun perluasan rencana mencapai 3,5 hektar  dari saat ini yang hanya sekitar 2,4 hektare. Dengan dibangunya stasiun Banyuwnagi  kota yang baru ini, diharapkan  bisa meningkatkan jumlah penumpang nantinya.

"Saat ini  jumlah penumpang di Stasun Banyuwangi kota cukup tinggi, rata- rata 800 orang per hari. Nantinya bisa meroket hingga 3.000 orang per hari. Karena dengan perluasan stasiun ini  nantinya juga akan berpotensi terjadi penambahan jumlah kereta, bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan ada rute kereta baru dari Banyuwangi dan sebaliknya,” kata Zaki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.