Sukses

Diplomasi Erick Thohir Membuat Sepakbola Indonesia Punya Harapan Baru

Pertama, pemerintah bersama PSSI, AFC dan FIFA akan mengaudit ulang kelayakan lapangan sepak bola di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kerja keras Menteri BUMN Erick Thohir membuat masa depan sepak bola Indonesia punya harapan setelah dipastikan selamat dari sanksi FIFA. Erick Thohir berhasil mengajak FIFA untuk bisa ikut membenahi sepakbola Indonesia.

Setidaknya dari pertemuan Erick thohir dan FIFA terjadi sejumlah kesepakatan untuk kemajuan bola Indonesia. FIFA memberikan komitmen akan memberikan pendampingan untuk kemajuan sepakbola Indonesia.

"Di mana ada 5 poin yang harus dikerjakan bersama sama, dimana FIFA bersama pemerintah akan membentuk yang namanya transformasi sepakbola Indonesia, dan di situ ada 5 poin yang disampaikan oleh FIFA," tutur Erick Thohir belum lama ini.

Pertama, pemerintah bersama PSSI, AFC dan FIFA akan mengaudit ulang kelayakan lapangan sepakbola di Indonesia.

Kedua, aparat penegakkan hukum akan dilatih agar menerapkan aturan yang sudah disepakati dunia dalam penjagaan atau pendampingan pertandingan sepakbola saat dan sesudah.

Poin ketiga, transformasi supporter sepakbola yang ada di Indonesia. Di mana para supporter akan terdata dan masuk ke dalam database. Sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka akan langsung terlacak.

Poin keempat, pertandingan sepakbola di Indonesia tidak akan diselenggarakan di atas jam 17.00. Hal ini bertujuan agar pengamanan berjalan maksimal dan memudahkan para supporter serta aparat.

Poin terakhir atau kelima, FIFA akan membuka kantor di Indonesia untuk memastikan transformasi sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik berjalan dengan semestinya.

"FIFA sudah melihat program besar yang diterapkan di beberapa negara, dan kesempatan ini spesial agar dunia sepak bola Indonesia maju. Jadi jangan sampai kita tidak mengambil kesempatan ini," pungkas Erick Thohir

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Suporter

Ketua Umum kelompok suporter Persib Bandung (Viking) Heru Joko mengapresiasi usaha pemerintah lewat Erick Thohir yang mampu menyelamatkan sepak bola Indonesia dari ancaman sanksi FIFA.

Heru menyebut jaringan yang dimiliki Erick Thohir di sepak bola dunia telah mendorong reformasi sepak bola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan lebih dari seratus suporter meninggal.

"Terima kasih kepada pemerintah lewat Pak Erick Thohir yang telah melobi FIFA, sehingga sepak bola Indonesia bisa selamat dari ancaman sanksi FIFA. Kesempatan ini mesti kita manfaatkan sebaik mungkin untuk memperbaiki sepak bola Indonesia di masa depan," ujar Heru.

Heru menambahkan, lobi Erick Thohir tidak hanya menyelamatkan Indonesia dari sanksi. Melainkan memperbaiki secara fundamental sepak bola nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.