Sukses

Banyuwangi Jadi Lokasi Pengembangan Beras Jepang, Gandeng Pemkab hingga Desa

Saat ini, pihaknya sedang penjajakan untuk pengembangan beras Koshihikari di Banyuwangi. Untuk itu pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemkab Banyuwangi hingga pemerintah Desa.

Liputan6.com, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi akan menjadi lokasi penanaman beras asal Jepang, Japonica Koshihikari. Beras ini memiliki rasa yang enak namun kadar gulanya cukup rendah. Untuk itu beras ini bisa dikonsumsi secara aman dan baik bagi Kesehatan tubuh.

Sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang pertanian akan mengembangkan beras Japonica Koshihikari di Banyuwangi. Kabupaten Ujung Timur Pulau Jawa ini dipilih untuk pengembangan beras ini karena memiliki lahan yang subur.

“Kami bergerak di pertanian padi jenis Japonica Koshihikari. Kami ingin mengembangkan di Banyuwangi,” jelas Direktur Utama PT Amerta Tani Maju (ATM), Thiono, Kamis (16/6/2022).

Saat ini, pihaknya sedang penjajakan untuk pengembangan beras Koshihikari di Banyuwangi. Untuk itu pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemkab Banyuwangi hingga pemerintah Desa.

“Kami ingin kolaborasi dengan Kades, Pemkab untuk menciptakan lahan prospek untuk penanaman berikutnya,”tambahnya.

Sebelumnya beras Koshihikari ini telah ditanam di sejumlah daerah di Jawa Timur. Di antaranya, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Sidoarjo, Madiun, Kediri, Trenggalek, dan Jember.

Banyuwangi dipilih untuk pengembangan beras ini karena memiliki lahan yang subur. Selain itu, Banyuwangi juga dikenal sebagai lumbung beras nasional. Di Banyuwangi, tahap awal akan melakukan demplot mungkin sekitar 5-10 hektare.

“Nanti kita lihat perkemganan ke depan. Kalau memang bagus kita ambil sebanyak mungkin. Karena saya lihat potensi alam Banyuwangi bagus sekali. Air cukup, karena Japonica memang butuh air yang cukup,” ujar Direktur Teknik PT ATM Djoko Ardhityawan.

Dia menjelaskan, beras Koshihikari ini biasa digunakan di restoran besar karena rasanya enak dan pulen.  Yang paling penting menurutnya beras ini sehat karena kadar gula rendah sekali. Saat ini umumnya beras memiliki rasa yang enak tapi kadar gula tinggi. Ada juga yang kadar gulanya rendah tapi tidak enak.

“Ini kedua-duanya, sudah enak tapi kadar gula rendah,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sehektare Hasilkan 6-10 Ton

Menurutnya, beras Koshihikari ini masuk Indonesia sejak 2014. Tapi tidak banyak dikembangkan karena kesulitan pada proses dari gabah menjadi berasnya. Menurutnya, tidak semua penggilingan mampu memproses karena memang harus mengubah sistem di penggilingan.

Dalam pengembangannya nanti, lanjutnya, akan diterapkan sistem kemitraan. Pihaknya menyediakan benih dan talangan pupuk. Nanti setelah panen dan sudah menjadi gabah kering dibeli dengan harga di atas rata-rata.

“Baru kami potongkan benih dan pupuk itu,” bebernya.

Satu hektar, menurutnya berpotensi menghasilkan 6-10 ton gabah. Kalau di Jepang hanya 4-5 ton per hektar. Ini karena lahan di indonesia sangat subur. Padinya juga tahan wereng. Sehingga hasil panen bisa maksimal.

“Pengalaman di daerah yang sudah ditanam, petani sangat antusias. Karena mereka panen bisa mendapatkan keuntungan lebih besar mereka akan senang,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.