Sukses

Pastikan Bebas Narkoba, Sopir Bus di Terminal Banyuwangi Dites Urine

Polresta Banyuwangi melakukan tes urine kepada beberapa sopir bus dan angkutan umum lainnya di Terminal Brawijaya Banyuwangi pada Jumat (29/4/2022).

Liputan6.com, Banyuwangi Polresta Banyuwangi melakukan tes urine kepada beberapa sopir bus dan angkutan umum lainnya di Terminal Brawijaya Banyuwangi pada Jumat (29/4/2022).

Tes urine dilakukan dalam rangka keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas saat massa arus mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri 2022. Selain itu juga mengurangi tingkat kecelakaan pada kendaraan angkutan umum.

Selain  itu tes urine dilakukan untuk mengetahui bahwa para sopir bebas dari penggunaan narkoba. Mengingat saat ini bus antar kota dan angkutan umum lainya banyak digunkan pada momen angkutan mudik dan libur panjang lebaran.

“Sehingga bisa diantisipasi adanya sopir yang memang mengalami gangguan Kesehatan dan ditakutkan terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan lalu lintas yang disebabkan sopir punya masalah dengan Kesehatan,”ujar Kasat Narkoba Polresta Banyuwangi Komisaris Polisi Rudi Prabowo

Kata Rudi, kegiatan ters urine ini dilakukan oleh petugas gabungan. Diantaranya, Satlantas, Sie Dokkes, dan Sat Narkoba Polresta Banyuwangi, serta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Dari hasil tes urine yang berlangsung, pihaknya tidak menemukan sopir yang positif narkoba, dari 50 sopir yang dilakukan tes urine.

“Dari puluhan sopir yang menjalani tes urine semuanya negatif narkoba. Jika memang ada yang terbukti positif menggunakan narkoba, kita langsung sarankan ke Sat Narkoba,”tambahnya

Petugas juga melakukan tes tensi tekanan darah pada sopir. Hal tersebut dilakukan guna untuk mengetahui kondisi Kesehatan pada sopir yang sedang bekerja.

“Jika tensinya tinggi kami suruh istirahat dulu dan tidak diperbolehkan untuk mengemudikan kendaraan karena berbahaya untuk keselamatan para penumpang,”pungkas Rudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudik Ramai Lancar

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, hingga H-3 lebaran ini, kondisi Terminal Brawijaya ramai lancar. Nampak masyarakat yang hendak mudik dengan menggunakan angkutan darat, memadati terminal. Mereka hendak mudik ke berbagaai kota tujuan diantaranya, Surabaya, Solo, Yogyakarta dan sejumlah kota lainya.

Sedangkan untuk puncak arus mudik di Terminal Brawijaya Banyuwangi diperdiksi terjadi mulai h-4 kemarin hingga H-1 nanti. Sedangkan tujuan pavorit yang banyak diminati pemudik yaitu jurusan Surabaya dan Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.