Sukses

Wanti-Wanti untuk Distributor di Banyuwangi agar Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Banyuwangi telah mengumpulkan sejumlah distributor pupuk di wilayah setempat.

Liputan6.com, Banyuwangi Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Banyuwangi mengumpulkan sejumlah distributor pupuk untuk monitoring dan evaluasi, menyusul adanya penyelewengan pupuk bersubsidi yang beberapa kali terjadi.

Ketua Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) Banyuwangi Mujiono menyatakan, pengumpulan para distributor itu dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Pangan setempat.

"Dalam pengumpulan ini, para distributor diberikan imbauan agar menyalurkan pupuk secara benar dan tepat berdasarkan by name by adress yang terdaftar di elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (e-RDKK)," kata Mujiono, Rabu (2/3/2022).

Di Banyuwangi distribusi [pupuk subsidi](https://surabaya.liputan6.com/read/4897365/cegah-penyelewengan-distributor-pupuk-subsidi-di-banyuwangi-dikumpulkan?source=search "") dari pemerintah pusat mengalami pengurangan dibanding tahun lalu. Selisihnya mencapai 20 ribu ton.

Mujiono pun meminta kepada pihak terkait, jangan bermain dengan pupuk bersubsidi, karena pupuk ini diawasi oleh pemerintah.

"Aturan-aturan terkait pupuk subsidi, ini sangat riskan sekali. Menyalahgunakan saja pasti pidana," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunggu APBD

Pemerintah daerah pun tidak akan menutup mata dengan keluhan kurangnya kebutuhan pupuk di masyarakat. Bila APBD Banyuwangi bagus, pemerintah daerah akan hadir untuk mencukupi kekurangan itu.

"Sudah saya sampaikan juga ke teman-teman DPRD, kajiannya bila APBD kita bagus agar anggaran kita sebagian digunakan untuk mencukupi kebutuhan pupuk bersubsidi," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.