Sukses

Kapal Feri Rute Jangkar-Lembar Segera Uji Coba, Ekonomi Situbondo Meningkat?

Kemenhub akan uji coba rute Pelabuhan Jangkar- Lembar NTB. Rute pelayaran jarak jauh menuju Indonesia timur ini rencananya akan dipindahkan dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Liputan6.com, Situbondo - Kementerian Perhubungan akan menguji coba operasional kapal feri rute Pelabuhan Jangkar Situbondo menuju Pelabuhan Lembar Nusa Tenggara Barat (NTB)

Direktur Jendral Perhubungan Darat pada Kementerian Perhubungan Budi Setyadi mengatakan, pihaknya telah menghubungi opertaror kapal feri mengenai ujicoba pelayaran dari Pelabuhan Jangkar menuju Kawasan Indonesia Tumur tersebut.

"Diperkirakan uji coba ini dilaksanakan paling cepat dalam pekan depan ini. Saya akan menghadap pak Menhub dulu terkait administrasi serta teknisnya,” Kata Budi Setyadi Senin (7/2/2022)

Terkait pemidahan kapal feri dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Jangkar, kata dia, dari enam unit kapal tiga kapal akan standby di Pelabuhan Jangkar dan Tiga Kapal di Pelabuhan Lembar

Beroperasinya enam unit kapal ini nantinya akan membutuhkan parkir kendaraan besar yang memadai karena kegian penyeberangan akan terus berjalan selama 1x24 jam.

"Kita butuh area parkir yang memadahi, karena ini nanti diisi oleh kendaraan-kendaraan besar yang hendak naik ke dalam kapal. Selain itu pelayaran ini akan beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Jadi memang harus betul-betul disiapkan area parkir dan saran pendukung lainya,”tambah Budi Setyadi

Secara umum menurut Budi, Pelabuhan Jangkar sudah siap untuk pembukaan rute baru., Namun hanya sarana pendukung yang perlu segera dipersiapkan. Dinataranya akses jalan menuju Pelabuhan dan sarana parkir kendaraan besar.

"Yang perlu diatisipasi yaitu multiplier effect-nya. Positif dan negatifnya, serta keamanan dan kenyamananya harus diperhatikan. Tapi prinsipnya aspek positifnya adalah untuk meningkatkan ekonomi di Situbondo," tandasnya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respon Bupati

Bupati Situbondo Karna Suwandi mengatakan, dalam waktu dekat akses jalan dan lahan parkir akan segera diperbaiki. Karena Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga mendukung pembangunan Pelabuhan Jangkar.

“Kami pastinya mendukung penu kelancaran terwujudnya rute feri Pelabuhan Jangkar-Lembar. Karena ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian Kabupaten Situbondo," ujarnya.

Kata Karna, pihaknya akan terus sosialisasi mengenai pembangunan dan pengembangan perluasan trayek Pelabuhan Jangkar ke Indonesia Timur ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.