Sukses

Ada Sayembara Donor Plasma Konvalesen Berhadiah Uang Tunai di Surabaya, Minat?

JCI menggelar sayembara donor plasma konvalesen berhadiah uang tunai Rp 250 ribu di Surabaya, guna membantu pasien Covid-19.

Liputan6.com, Surabaya - President Junior Chamber Internation (JCI) Chapter East Java Andry Tejokusuma membenarkan, pihaknya menggelar sayembara donor plasma konvalesen berhadiah uang tunai Rp 250 ribu di Surabaya, guna membantu pasien Covid-19.

Menurutnya, hadiah uang tunai ini bukan untuk iming-iming penyintas Covid-19 agar stok plasma darah di PMI terisi kembali, melainkan sebagai sebuah bentuk penghargaan atas jiwa kepahlawanannya membantu sesama di tengah wabah virus.

“Sebenarnya nilai ini kecil tapi kita ingin supaya mereka ini berani keluar dari zona nyaman mereka, dan mereka tergerak untuk memberika donasi plasma konvalesen ini,” ujarnya, Sabtu (26/6/2021).

Andry sebelumnya juga telah berbicara dengan PMI Kota Surabaya mengenai stok plasma darah, dan dirinya mengetahui bahwa stok darah tersebut kosong, karena jumlah permintaan lebih tinggi daripada persediaan, sebab sulitnya screening pendonor plasma.

“Jadi dari banyak pendonor tapi yang ter-Screening itu ternyata amat sangat dikit, kemarin kita ngobrol dengan PMI itu sekitar hampir di bawah 10 persen. Jadi sangat kecil sedangkan permintaan sangat tinggi,” terang Andry.

Andry bersama anggota JCI East Java lainnya tidak mencantumkan tanggal mulai dan berakhirnya sayembara donor plasma darah berhadiah uang tunai.

“Sayembara ini berlaku dari Jumat 25 Juni kemarin hingga waktu yang belum ditentukan karena kita tidak tahu kebutuhan akan plasma konvalesen ini,” tegasnya.

Sebelum JCI East Java memberikan uang tunai sebagai hadiah kepada pendonor plasma darah yang mempunyai semangat kepahlawanan, pendonor akan didata terlebih dahulu secara daring.

Kemudian setelah lolos Screening dan darahnya didonorkan kepada pasien Covid-19, maka selanjutnya pendonor akan dihubungi untuk mendapatkan penghargaannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Screening

“Untuk menghindari kerumunan dan hal-hal yang tidak diinginkan, maka setelah hasil Screening awal dari pedaftaran akan dibagi dalam beberap group yang terdiri dari 30 sampai 50 orang berdasarkan urutan," ucapnya.

Kemudian dari grup per 30 - 50 orang tersebut itu akan kita Screening tahap ke-2 bersama PMI, dan dari situ nanti ketika mereka sudah lolos Screening tahap ke- 2 oleh PMI akan segera dilakukan proses donor konvalesennya, dan setelah terkonfirmasi oleh PMI akan diberikanRp 250 ribu kepada pendonor tersebut.

JCI East Java berharap, langkah sosial organisasi pengusaha mud aini dapat menularkan kebaikan dan terus menyalakan semangat kepahlawanan khususnya di Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.