VIDEO: Truk Muatan Batu Kumbung Terjun ke Lubang Galian di Tuban

VIDEO: Truk Muatan Batu Kumbung Terjun ke Lubang Galian di Tuban

Truk bermuatan penuh batu di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terjun bebas ke dalam galian tambang ilegal. Peristiwa bermula saat truk yang baru saja mengisi muatannya tersebut mengalami kempes ban, sehingga oleng dan terperosok ke galian tambang sedalam 30 meter. Meski tak ada korban jiwa, sopir truk dilarikan ke RSUD Dr. Koesma Tuban untuk menjalani perawatan. Berikut pemberitaannya pada Liputan6, (7/1/2021).

Seorang warga sempat merekam proses evakuasi sopir truk dari dalam galian tambang, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Evakuasi korban berlangsung dramatis, sejumlah rekan korban turun ke lubang galian, menggunakan derek manual milik penambang.

Sopir truk, Arif (35) yang sempat menyelamatkan diri usai truknya terhempas ke dalam galian jatuh pingsan di atas kabin truk. Meski kondisi truk ringsek, korban hanya mengalami luka ringan.

Peristiwa bermula saat truk akan meninggalkan lokasi tambang, usai memuat batu terisi penuh. Nahas ban depan kiri tiba-tiba kempes, serta jalanan tambang yang longsor, membuat truk oleng hingga jatuh ke dalam galian tambang sedalam 30 meter.

"Mobilnya kan parkir, tadi berjalan sekitar 1 meter, 2 meter, langsung jalannya kan tanahnya kan ambrol, langsung dibelakangnya itu jatuh duluan," terang Ranto, Saksi Mata.

"Untuk penyebab kecelakaan, bahwa saudara sopir tersebut habis muat batu kumbung berjalan meninggalkan lokasi, kurang lebih 100 meter, mengalami ban kempes, sehingga dia tergelincir masuk ke dalam lubang galian batu kumbung," jelas Iptu Haryono, Kanit Reskrim Polsek Semanding, Tuban.

Meski tidak ada korban jiwa, sopir truk dilarikan ke RSUD Dr. Koesma Tuban, untuk menjalani perawatan.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 09 January 2021, 08:59 WIB

Video Terkait

Spotlights