Sukses

3 Tempat Kuliner Khas Jawa Timur Sekitar Stasiun Wonokromo

Di sekitar Stasiun Wonokromo terdapat banyak pilihan kuliner yang bisa langsung Anda coba setelah sampai di Kota Pahlawan. Warung-warung ini menjual makanan khas Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur ke Surabaya, Jawa Timur dapat menggunakan banyak jalur. Salah satunya adalah menggunakan kereta api. Ada stasiun pemberhentian di Surabaya seperti di Stasiun Gubeng. Selain itu, di Surabaya juga dapat ditemui Stasiun Turi, Stasiun Surabaya Kota, dan Stasiun Wonokromo.

Stasiun Wonokromo adalah stasiun kereta api kelas I yang berlokasi di Jagir, Wonokromo, Surabaya. Di sekitar stasiun ini terdapat banyak pilihan kuliner yang bisa langsung Anda coba setelah sampai di Kota Pahlawan. 

Warung-warung tersebut menjual berbagai makanan khas Jawa Timur, seperti rawon dan penyetan. Tiba di stasiun tengah malam bukan menjadi masalah, karna terdapat warung yang buka hingga dini hari. 

Berikut tiga tempat kuliner khas Jawa Timur sekitar Stasiun Wonokromo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber: 

1. Sego Sambel Mak Yeye 

Untuk penggemar makanan pedas, di dekat Stasiun Wonokromo ada warung yang bisa dicoba. Tepatnya di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 12 ada warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye. 

Warung ini sudah cukup lama dikenal di Surabaya karena sudah berdiri sejak 1982. Supriyani, pemilik warung ini, biasa disapa Mak Yeye. Itulah mengapa nama warung ini disebut Sego Sambel Mak Yeye. 

Di sini Anda bisa menyantap menu sego sambel yang dipadukan dengan telur dadar, tempe goreng, ikan pe, dan ayam goreng. Bagi yang ingin mencoba sensasi sambal di sini, tapi sampai stasiun tengah malam, Anda tak perlu khawatir. Warung Sego Sambel Mak Yeye ini buka setiap hari dan mulai berjualan pukul 22:00 – 03:30 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawon Pak Pangat

2. Rawon Pak Pangat DTC

Dekat stasiun terdapat Mall Darmo Trade Center. Nah, di mal ini ada banyak pilihan makanan salah satunya adalah Rawon Pak Pangat. 

Rawon sudah menjadi primadona kuliner Jawa Timur. Di sini, Anda dapat menikmati sensasi Rawon Krengseng yang berisi nasi, daging krengsengan, tempe goreng, empal suwir dan kuahnya yang dipisah. Tak hanya itu disediakan pula telur asin dan kerupuk untuk menambah cita rasa.

Selain di DTC Wonokromo, Rawon Pak Pangat ini memiliki beberapa cabang yaitu di Jalan Ketintang, Surabaya dan Deltasari, Sidoarjo.

3. Penyetan Mbak Noer

Salah satu penyetan yang bisa dicoba saat berkunjung ke Kota Pahlawan adalah Penyetan Mbak Noer ini. Kekhasan menu di warung ini terletak di sambelnya.

Untuk menyantap satu porsi nasi bebek, telor, dan tempe penyet di sini hanya butuh membayar Rp. 21.000. Pilihan lauk lain yang ditawarkan warung ini juga banyak seperti Ikan pe, Ikan lele, sate usus, ampela ati, dan masih banyak lagi.

Warung ini buka setiap hari, mulai pukul 07:00 – 03:00. Dari Stasiun Wonokromo dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke warung ini. Lokasinya ada di Jalan Raya Jagir Wonokromo.  

(Kezia Priscilla - Mahasiswa UMN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.