Sukses

Sophie Muller, Wanita yang Gemar Membaca dan Sayang Ayah

Sophie mengawali karier di dunia hiburan lewat aktingnya di layar lebar dalam film Bilur-Bilur Penyesalan pada 1987.

Sophie Muller, atau Sophie Latjuba belakangan ramai menjadi pembicaraan. Selain karena dirinya yang menjadi produser sebuah film, Sophia juga heboh diberitakan karena dirinya tertangkap kamera bergandengan tangan dengan vokalis Ariel Noah. Perbedaan usia yang jauh membuat keduanya memang menarik untuk diikuti.

Wanita berperawakan Indo itu lahir di Berlin Barat, Jerman 8 Agustus 1970. Perempuan berdarah Jerman-Bugis ini memiliki nama asli Sophia Inggriani Latjuba. Sophie mengawali karier di dunia hiburan lewat aktingnya di layar lebar dalam film Bilur-Bilur Penyesalan pada 1987.

Tak cuma film, Sophie juga dikenal sebagai model, presenter, bintang iklan, dan penyanyi. Beberapa album solo dan duetnya bersama mantan suaminya, Indra Lesmana, cukup dikenal, seperti tembang Hold On yang mendapat penghargaan Best Video Clip di Brasou, Rumania.



Masa kecil Sophie dilalui seperti kebanyakan anak-anak lainnya. Sophie adalah anak dari pasangan Azzizurrahman Latjuba (Bugis-Jawa) dan Anna Muller (Jerman-Yugoslavia). Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, Sophie banyak menghabiskan waktu bersama sang ayah. Saat itu, ayah Sophie masih kuliah sedangkan ibunya sudah bekerja. Setelah Sophie duduk di kelas 2 sekolah dasar (SD), ayahnya mulai bekerja dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Sophie kecil sangat dekat dengan ayahnya, dan kedekatannya saat kecil membuat Sophie sangat sayang pada ayahnya.
 
Sophie sangat gemar membaca dan mengoleksi buku bertema berat, seperti filsafat, kebudayaan, biografi, hingga karya-karya sastra bermutu, dalam Bahasa Inggris dan Jerman. Sophie sempat dirudung kabar tak sedap soal kehamilan di luar nikah bersama musisi Indra Lesmana. Saat itu, Sophie berusia 22 tahun dan kemudian ia menikah dengan Indra lesmana pada 31 Mei 1992. Dari pernikahan tersebut, Sophie dan Indra dikaruniai seorang putri Eva Celia Latjuba pada 21 September 1992.


 
Sebelumnya, hubungan antara Sophie dan Indra juga berlangsung di dunia musik. Keduanya kerap mengeluarkan single duet dan juga album. Album ini sebenarnya bukan album khusus duet mereka, namun hanya semacam album the best dari album-album solo mereka sebelumnya. Lagu Hanya Untukmu sendiri punya sejarah bagi mereka, karena lagu ini diambil dari album solo Sophia Latjuba yang musiknya digarap Indra, sekaligus awal mula mereka bisa dekat dan kemudian memutuskan menikah.

Bersama Indra, kemampuan menyanyi Sophie semakin terasah. Bahkan Sophie berhasil menyabet penghargaan BASF Award Best Arrangment untuk album Hanya Untukmu di 1994, Video Music Indonesia (VMI) Award, Runner Up for "Best Video Clip" untuk tembang Tak Kubiarkan.

Sophia memang suka membuat sensasi ketika masih aktif di industri hiburan Indonesia. Selain dikenal sebagai model, Sophia adalah pemain film dan penyanyi. Beberapa film yang pernah ia lakoni di antaranya: Bilur-bilur Penyesalan (1987), Rio Sang Juara (1989), Valentine Kasih Sayang Bagimu (1989), Ketika Cinta Telah Berlalu (1989), Pengantin (1990), Taksi Juga (1991), Catatan Si Boy V (1991), Kuldesak (1998), dan yang paling baru, Rectoverso (2013).



Dalam dunia tarik suara, Sophia memiliki beberapa album solo dan duet bersama Indra Lesmana. Sophia juga pernah berduet dengan Chrisye (kini almarhum), membawakan lagu Kangen, salah satu lagu hits milik Dewa 19.

Pernikahan dengan Indra Lesmana tak bertahan lama. Sophie dan Indra akhirnya memilih bercerai. Eva sendiri berada di bawah pengasuhan Sophie.  Meski sudah lama bercerai, penyanyi pop lawas Sophia Latjuba masih menjalin hubungan baik dengan mantan suaminya itu.

Hal ini dibuktikan dari pembuatan film garapan Sophia. Dalam proses produksinya, Indra Lesmana banyak membantu ibu dari anak tunggal hasil pernikahan mereka dulu yakni Eva Celia.



"Saya excited, terakhir kerjasama, Eva masih kecil sekali sekitar 15 tahun lalu.  Bikin album dan di studio sama-sama ," kata Sophie.

Sophia pun mengajak Indra Lesmana untuk mengisi soundtrack lagu film tersebut."Mungkin dia mikir-mikir dulu, terus bilang oke," jawabnya.
Meski sudah berpisah, Sophie mengaku sering bertemu dengan Indra. Pertemuan keduanya membicarakan masa depan anak mereka, Eva Celia, atau urusan kerjasama dalam urusan profesional.

"Kita sering ketemu kok, 2 hari yang lalu ketemu. Sekarang dia enggak bisa datang karena masih meeting," lanjutnya.(Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.