Sukses

Serunya Improvisasi Heath Ledger Sebagai Joker di The Dark Knight

Nama mendiang Heath Ledger dikenal sebagai salah satu aktor kawakan di ranah perfilman Hollywood dan menjadi titik penting bagi perkembangan dunia akting di seluruh dunia. Selain perannya di berbagai film drama maupun fantasi, sang aktor juga pernah bermain sebagai The Joker, musuh utama Batman di The Dark Knight.

Sejak resmi memerankan Joker, Heath Ledger benar-benar menjiwai karakter sang penjahat yang menjadi salah satu ikon musuh Batman di berbagai macam ceritanya. Bahkan, beredar kabar yang menyatakan bahwa ia pernah nyaris gila saat memerankan The Joker.

The Dark Knight merupakan salah satu film terakhir Heath menjelang kematiannya selain The Imaginarium of Doctor Parnassus. Perannya sebagai The Joker, membuat namanya menyabet berbagai macam penghargaan setelah ia wafat.

Sebut saja penghargaan Academy Award serta Golden Globe Award untuk Aktor Pembantu Terbaik. The Dark Knight sendiri dirilis enam bulan setelah wafatnya sang aktor.

Aktingnya di The Dark Knight tak lepas dari beragam dialog dan mimik yang kadang diimprovisasi di luar naskah. Akan tetapi, dari berbagai tindakannya yang tak terduga itu, terucap banyak pujian dari tim film hingga akhirnya digunakan di dalam layar.

Terdapat dua buah adegan di luar naskah yang merupakan improvisasi jenius dari Heath Ledger. Jika Anda pernah menyaksikan The Dark Knight, pastinya tidak akan lupa dengan kedua momen berikut.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman


Adegan Tepuk Tangan

Saat karakter Joker sedang menunggu sendirian di dalam penjara setelah ditahan Jim Gordon, karakter Walikota Garcia pun muncul sambil memeriksa keadaan kota Gotham. Sang walikota juga mempromosikan Gordon sebagai Komisaris secara langsung.

Saat para polisi di penjara merasa senang dengan pengumuman itu sambil bertepuk tangan, Heath Ledger pun mulai berimprovisasi. Mengenyampingkan naskah yang ada, secara perlahan-lahan ia ikut bertepuk tangan dengan tidak mengubah ekspresi wajahnya. Improvisasi sederhana itu tentunya agak meresahkan namun benar-benar brilian meski terkesan gelap.
3 dari 3 halaman


Adegan Rumah Sakit Meledak

Joker pada awalnya hanya dibuat berjalan menuju jalanan kota saat adegan ledakan di rumah sakit dimulai. Ia pun seharusnya langsung masuk ke dalam bis sekolah selama jeda naskah hingga bis berjalan saat adegan ledakan berakhir.

Akan tetapi, Heath Ledger justru berhenti berjalan saat jeda adegan dan improvisasinya pun dimulai secara menggelisahkan. Remote detonator yang ada di tangannya diperlakukan dengan cara khas Joker. Alhasil, sedikit humor gelap yang seharusnya dilakukan dengan gaya serius pun terlihat di dalam layar.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.