Sukses

Hari Ini Pasti Menang, Film Impian yang Sayang Dilewatkan

Hari Ini Pasti Menang mungkin termasuk beberapa film Indonesia terbaik yang mungkin Anda lewatkan sepanjang tahun ini.

Masih ingat film Habibie & Ainun garapan Faozan Rizal yang tahun lalu sukses menuai raihan jumlah penonton terbanyak, namun juga terbukti baik secara kualitas? Kombinasi ini langka sekali terjadi pada film-film Indonesia pada umumnya.

Nah, banyak sekali film Indonesia kontemporer yang berhasil menduduki tangga box office, namun jeblok secara kualitas. Adapun beberapa film Indonesia yang baik secara kualitas, hanya saja ternyata hal ini tak menjamin film tersebut meraih sukses di tangga box office.

Hari Ini Pasti Menang, umpamanya. Boleh jadi termasuk beberapa film Indonesia terbaik yang mungkin Anda lewatkan sepanjang tahun ini. Nah, berikut ini sinopsisnya.

Indonesia dalam dunia ciptaan Ucup, sapaan akrabnya sutradara yang sebelumnya membesut Romeo Juliet itu, adalah negara tempat sepakbola begitu berprestasi dan menjadi industri tersendiri. Ini adalah kisah sebelum Gabriel Omar Baskoro (Zendhy Zain) bergabung dengan klub Manchester United.

Ia adalah penyerang dengan 98 persen akurasi tendangan, kini bermain di klub Jakarta Metropolitan, tim yang sama dengan tempat Bambang "Bepe" Pamungkas (Ibnu Jamil) berkarier selepas merumput di Eropa bersama klub Fiorentina selama tujuh tahun.

Jika Cristiano Ronaldo akrab dengan julukan CR7, maka Gabriel Omar adalah GO8. Bersamanya, tim nasional Indonesia untuk pertama kalinya berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia di Brasil dan lolos sampai babak perempat final. Tak hanya itu, Gabriel pun berhasil meraih gelar sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang turnamen tersebut.

Dalam Romeo Juliet (2009), Ucup mengajak penonton melihat sisi lain dunia sepakbola melalui perspektif fanatisme suporter klub--Jakmania dan Bobotoh sebagai substitusi untuk Montague dan Capulet dari lakon karya Shakespeare yang terkenal itu. Ucup berhasil mencipta drama gubahannya sekaligus memberi suara tentang situasi yang ideal bahwa sudah waktunya kedua suporter yang kerap bertikai itu untuk berdamai. Dan, pesan moral itu disampaikan dengan cara yang keren, bila memang itu pesan moralnya.

Lewat Hari Ini Pasti Menang, Ucup mengajak penonton untuk (lagi-lagi) melihat sisi lain dunia sepakbola, kali ini melalui perspektif pemainnya. Para penonton bisa melihat rutinitas sang superstar di luar lapangan hijau, misalnya keseharian Gabriel yang selalu dikelilingi cewek cantik, jadwal latihan, dan juga momen-momen ia bersama manajer pribadinya.

"Football is a stage of drama," begitu ungkapan terkenal dari Pele sang legenda dunia sepakbola. Lewat skenario dan arahannya, dunia sepakbolanya Ucup dikemas dalam drama yang tak hanya memikat, namun juga penuh pengharapan dan kritik sinis.

Banyak sekali tamparan keras yang ditujukan kepada PSSI, dan gambarannya tentang kondisi sepakbola Tanah Air adalah harapan ideal, semacam keinginan-keinginan yang tampak mustahil di kehidupan nyata. Ini adalah sebentuk protes kreatif, seperti Hollywood yang menciptakan Rambo.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini