Sukses

Aurelie Moeremans Ungkap Dirinya Alami Depresi Akut, Langsung Terdeteksi Saat Sesi Pertama dengan Psikolog

Aurelie Moeremans menjelaskan bahwa ia sebenarnya sudah cukup lama ingin membagikan kabar ini. Namun, ia mencari saat yang tepat untuk mengungkapnya.

Liputan6.com, Jakarta Aurelie Moeremans mengungkap kabar mengejutkan mengenai kesehatan mentalnya dalam unggahan Instagram pada Minggu (14/4/2024). Ia mengabarkan bahwa dirinya mengalami depresi akut.

Dalam unggahan tersebut, wanita 30 tahun ini menjelaskan bahwa ia sebenarnya sudah cukup lama ingin membagikan kabar ini. Namun, ia mencari saat yang tepat untuk mengungkapnya.

Udah lama kepikiran mau share soal ini sama kalian, tapi karena nggak mau bikin khawatir, aku memutuskan untuk nunggu sampai aku menemukan jalannya dulu,” tulis bintang film Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 tersebut.

Aurelie menyebut bahwa gejala depresi sudah ia rasakan selama beberapa tahun belakangan. Hidupnya terasa hampa.

Jadi, beberapa tahun terakhir ini semangatku untuk hampir segala hal tuh hilang aja. Aku tetap kerja terus kok, tetap lakuin rutinitas sehari-hari, tapi kok ya rasanya hampa,” ujarnya di caption.

Kondisi mental ini tentu sangat mempengaruhi dirinya. Termasuk dalam hal karier. "Aku sampe gak enjoy shooting lagi, makanya memilih untuk berhenti sejak tahun lalu," tulisnya. Ia menambahkan, "Aku sadar ada yang salah, tapi aku belum nemu jawabannya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Mengganjal

Aurelie Moeremans mencoba beragam cara untuk mengisi kekosongan yang ia rasakan. Namun efeknya hanya sementara.

"Gabung di WWF, sibuk volunteer di banyak kesempatan dan bisa bikin orang lain happy, jujur bikin aku happy juga tapi begitu sampai rumah, ya balik lagi rasa hampanya," kata dia.

Beragam cara lain ia lakukan. Mulai dari mendekatkan diri dengan Tuhan, mengisi jurnal, memberian afirmasi positif untuk diri sendiri, belajar meditasi, retreat di Bali, hingga menjalani prosesi melukat.

"Memang ada perbaikan, tapi masih ada yang ganjel," tulisnya.

 

3 dari 4 halaman

Akhirnya ke Psikolog

Akhirnya, Aurelie meminta bantuan psikolog. Setelah mengisi pertanyaan dalam formulir yang diberikan di pertemuan pertama dengan psikolog, ia diketahui mengalami depresi akut.

“Di sesi pertama aku baru tau ternyata yang aku rasakan itu depresi akut dan rasa cemas yang parah. Baru deh aku mengerti, “Oh, ini toh yang namanya depresi. “ Rasanya kayak selalu diikuti awan mendung yang nggak pernah berhenti nguntit aku,” kata dia.

Kini, ia pelan-pelan mulai bangkit. “Masih proses sih, nggak langsung *poof* lenyap gitu aja depresinya, tapi aku udah jauh lebih baik,” tulisnya.

4 dari 4 halaman

Dukungan Warganet

Kolom komentar Aurelie Moeremans dipenuhi dukungan dari warganet, termasuk pesohor Tanah Air.

Pevita Pearce menulis, “Sending you so much love Aurélie ✨🩷”

Ibrahim Imran atau Baim ikut memberi semangat, “Seneng liat kemarin mulaiii perlahannn get in to music jg lagi…one step at a time again!!”

“Si baik, si cantik, si pembrani, take your time 🤗🤗🤗” kata Tika Panggabean.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini