Sukses

Zara Putri Ridwan Kamil Lepas Hijab, Netizen Serbu Media Sosial Kampusnya di Inggris

Akun Instagram kampus Zara berkuliah di Inggris diserang netizen, imbas keputusannya melepas hijab.

Liputan6.com, Jakarta Keputusan putri Ridwan Kamil, Camillia Laetita Azzahra, atau dikenal Zara tak lagi menggunakan hijab disayangkan netizen. Akun Instagram-nya langsung dibanjiri komentar usai ia mengumumkan pilihannya.

Bukan netizen namanya kalau tidak mengulik sesuatu hingga akarnya. Salah satunya dengan mencari tahu kampus Zara kuliah. Sebab, keputusannya itu diduga kemungkinan karena pengaruh lingkungan di sekitarnya.

Netizen ramai-ramai menggeruduk akun Instagram "INTO Newcastle University". Pantauan Liputan6.com, sehari sebelum Zara menyampaikan pengumuman soal melepas hijab, kampusnya me-repost salah satu unggahan adik almarhum Eril itu. Yang memperlihatkan keseharian sebagai mahasiswa arsitektur.

"Watch a glimpse in a life of an Architecture Student at @intonewcastle. Video by: @camilliazr International Year One Student in Architecture, " tulisnya dalam keterangan video, Kamis (4/3/2024).

Perlu diketahui, Zara telah menerangkan bahwa keputusannya tidak diambil secara spontan. Dia juga telah mendiskusikan dengan ayah dan ibunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IG Kampus Zara Diserang Netizen

Postingan terbaru di @intonewcastle itu langsung mendapatkan komentar dari netizen. "Kebawa lingkungan," komen netizen.

"Lingkungan emang berpengaruh ya, nyesel ga lepas anaknya malah makin jauh allah @ridwankamil," sambung akun lain.

"Lingkungan ternyata emng ngaruh..kalau iman kta blm kuat😢," hujat netizen.

Namun, tak sedikit dari mereka juga mengingatkan ke para netizen untuk tidak menyerbu akun Instagram kampus Zara berkuliah.

"Knp komennya smpe ke akun ini," kata netizen.

"Wahai netizen budiman, jgn sok menghujat orang lain, coba refleksi diri sendiri, kalian sudah jadi org yg taat agama belum ? Kalau belum, stop ikut campur urusan orang lain," bela netizen lainnya.

3 dari 4 halaman

Keputusan Zara

Zara mengumumkan keputusan untuk tidak lagi memakai hijab melalui akun Instagram pribadinya pada Jumat (5/4/2024).

"Hi semuanya, setelah banayak pertimbangan dan diskusi yang amat sangat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudungku," tulisnya di awal unggahan.

Bagi Zara, seorang muslimah yang baik adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dari hati. Bukan soal penampilan tapi juga soal hati yang bersih.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Ingin Menjadi Diri Sendiri

Putri Ridwan Kamil terang-terangan memberitahu publik. Lantaran tidak ingin menyembunyikan apapun yang ada di dalam dirinya.

"Aku tidak suka membohongi orang lain karena aku pun tidak suka dibohongi. Maka dari itu ini adalah caraku untuk jujur. Jadi jangan berekspektasi terlalu tinggi terhadap aku," terangnya.

Zara juga meminta masyarakat tidak menyamakan dirinya dengan ayah ibunya dan kakaknya almarhum Eril. Mahasiswi yang sedang mengenyam pendidikan di Inggris itu ingin menjadi diri sendiri.

"Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, aku bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, semua didikan selalu aju terapkan dan aku adalah aku," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.