Sukses

Almarhum Eril Lulus dari ITB dan Diwisuda, Diwakilkan oleh Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menjelaskan proses bagaimana Eril bisa menjadi wisudawan meskipun telah meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pedidikan yang suda bertahun-tahun ditempuh oleh Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril tidak sia-sia. Putra sulung Ridwan Kamil ini telah dinyatakan lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hal ini disampaikan oleh sang ayah melalui akun Instagram miliknya. Almarhum Eril akan diwisuda hari ini, Sabtu (8/4/2023) yang diwakilkan oleh Ridwan Kamil.

"Hari ini, Sabtu 8 April 2023, A Eril almarhum, akan diwisuda sebagai sarjana ITB secara in absentia. 🥹 Saya akan mengambil ijazahnya mewakilinya," tulis Ridwan Kami.

Sang Gubernur Jawa Barat pun menjelaskan proses bagaimana Eril bisa menjadi wisudawan meskipun telah meninggal dunia. Sebelum wafat, dia ternyata sudah menyelesaikan tugas akhir.

"Sekian bulan setelah wafatnya, ITB mengadakan sidang 2 kali untuk menguji apakah tugas akhirnya yang memang secara substansi sudah selesai, itu layak apa tidak untuk dinyatakan lulus," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Project yang Sempat Dikerjakan Almarhum Eril

Sebagai catatan, keputusan ini murni atas kebijakan kanpus. Pihak keluarga tidak meminta karena mereka sudah mengikhlaskan segala hak dan urusan Eril di dunia.

"Projectnya Almarhum kira-kira adalah menciptakan Teknologi Scanning penyakit kulit menggunakan kamera hape, yang kemudian dibaca oleh machine learning. Kerja bersama tim nya," paparnya.

"Sidang pertama di fakultas, kemudian hasil sidang di fakultas diuji lagi oleh beberapa Guru Besar atau Professor. Dan hasilnya Alhamdulillah dinyatakan memenuhi syarat standar ketat ITB," sambung Ridwan Kamil.

3 dari 4 halaman

Kemuliaan yang Diberikan Tuhan kepada Eril

Ridwan Kamil tentu saja bersyukur. Dengan nyata dia melihat satu lagi kebaikan Tuhan terhadap putra sulungnya meski telah wafat.

"Dear A Eril, Bahkan setelah kamu berpulang pun, Allah SWT masih menyayangimu dengan memberikan kemuliaan dan kehormatan kepadamu nak. Selamat ya A. Kami semua bangga sama kamu. Alfatihah dan doa terbaik kami kirimkan untukmu," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Warganet hingga kalangan selebritas pun merasa terharu.

"Alhamdulillah. Postingan pertama yg kubaca pagi ini yang mengandung bawang. Al Fatihah untuk A Eril," tulis Widi Mulia.

"Alhamdulillah akhirnya salah satu mimpi eril bisa terwujud, Al-fatihah," kata salah satu warganet.

"Selamat wisuda eril.. hari ini kami di ITB sedang merayakannya.. termasuk merayakan wisuda eril juga.. salam ganesha ril.. untuk Tuhan, bangsa, dan Almamater.. al fatihah," tambah yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini