Sukses

Fedi Nuril Tulis Surat Terbuka untuk AHY, Tanya soal Kritik terhadap Pemerintah Sebelum Jadi Menteri ATR

Di awal kalimatnya, Fedi Nuril sempat mengungkapkan rasa kagumnya terhadap AHY.

Liputan6.com, Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY baru saja menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN. Aktor Fedi Nuril pun menulis surat terbuka untuk AHY, tak lama setelah anak sulung mantan Presiden SBY ini dilantik.

Di awal kalimatnya, dia mengungkap rasa kagum pada AHY. Sebelum syuting film Doea Tanda Cinta, Fedi Nuril mengatakan bahwa dia sempat mendengar banyak hal positif dan inspiratif tentang ayah satu anak tersebut.

"Kepada Yth. Bapak @AgusYudhoyono. Saya ingin bercerita sedikit. Saya pernah main di film berjudul Doea Tanda Cinta. Ceritanya tentang 2 orang pemuda yang masuk Akmil, lalu dilatih menjadi pasukan khusus dan mendapat tugas untuk membebaskan sandera dari kelompok separatis," tulisnya pada Minggu (25/2/2024).

"Sebelum shooting, saya mendapatkan sedikit pelatihan militer di Akmil, Magelang dan di situ saya juga mendengar cerita bahwa Bapak adalah taruna yang cerdas, sehingga diberi penghargaan Adhi Makayasa. Konon katanya, nilai2 Bapak pun lebih tinggi daripada Bapak @SBYudhoyono," sambungnya.

Dengan track record gemilang di militer, Fedi Nuril memiliki keyakinan bahwa AHY dapat mengemban tugas dengan baik sebagai menteri ATR/Kepala BPN, meskipun bidang itu bukan spesialisasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keyakinan Fedi terhadap AHY

"Sekarang Bapak menjabat sebagai Menteri ATR/BPN, walaupun mungkin bidang itu bukan spesialisasi Bapak, tapi dengan kecerdasan Bapak, saya yakin Bapak bisa menjalankan tugas tersebut dengan baik," ucapnya.

Bintang film Ayat Ayat Cinta ini kemudian mengajukan pertanyaan seputar AHY yang sempat mengkritisi kebijakan pemerintah era Presiden Jokowi di masa lalu, saat Partai Demokrat masih menjadi oposisi.

3 dari 4 halaman

Menarik Kritikan atau Memperbaiki?

"Berdasarkan kutipan2 pernyataan Bapak di berita ini, izinkan saya bertanya, Pak. Dengan bergabungnya Bapak ke pemerintahan Pak Jokowi, apakah Bapak telah 'menarik' kritikan2 tersebut atau Bapak akan berusaha memperbaiki apa yang Bapak kritik dari dalam pemerintahan?" tanya dia.

Dia mengutip sebuah artikel berjudul "Deretan Kritik AHY Kepada Jokowi Sebelum Diangkat Menjadi Menteri."

4 dari 4 halaman

Menkritisi Food Estate

Salah satu hal yang dikritisi AHY kala itu adalah mengenai food estate. Dia menilai, program ini hanya mengandalkan ekstentifikasi lahan tapi dinilai mengabaikan aspek ekologi dan sosial.

"Kalau Bapak berusaha memperbaiki dari dalam, kira2 rencana/strategi apa yang akan Bapak lakukan?" tanya Fedi Nuril.

Hingga Senin siang, saat berita ini ditulis, pertanyaan dari Fedi Nuril belum dijawab oleh AHY.

"Saya sabar, koq, menunggu respons dari Pak @AgusYudhoyono," ungkap sang aktor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini