Sukses

Acha Septriasa Ungkap Sulitnya Menjaga Hubungan Pernikahan: Ada Sebagian dari Dirimu yang Hilang

Kata Acha Spetriasa, saat seseorang sudah terikat dalam hubungan pernikahan, maka dia harus siap berbagi.

Liputan6.com, Jakarta Acha Septriasa bicara soal menjaga hubungan dalam pernikahan. Menurutnya, itu adalah bagian tersulit. Itulah mengapa setiap wanita yang belum menikah, harus selesai dengan diri sendiri terlebih dahulu.

"Aku merasa, orang banyak yang enggak ngerti kalau menjaga relationship di pernikahan itu sangat sulit. Jadi makanya kenapa dibilang sebelum menikah itu harus benar-benar menikmati masa muda, menjadi independent, established dulu, merasa fullfilled terhadap diri sendiri," tutur ibu satu anak ini di YouTube TS Media dikutip pada Minggu (31/12/2023).

Sebab, saat seseorang sudah terikat dalam hubungan pernikahan, maka dia harus siap berbagi. Berbagai dalam konteks ini berarti, dirimu tak lagi sepenuhnya menjadi milik sendiri.

"Ketika kita berbagi dengan orang lain di pernikahan, dan itu akan selalu harus berbagi, kita tidak punya privacy lagi, basically. Apalagi kamu adalah seorang perempauan yang akan menjadi seorang ibu," jelas istri Vicky Kharisma tersebut.

"Kamu basically membagi badan kamu untuk suamimu dan anakmu. You don't have any privacy anymore. Jadi ngerasanya kayak ada sebagian dari diri kamu yang hilang, you gonna be have a major crisis identity (Anda akan mengalami krisis identitas yang besar)," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Risiko Merasa Sendirian

Dan di momen seperti ini, maka komunikasi dengan pasangan adalah hal yang paling penting untuk menjaga kesehatan mental. Itulah mengapa setiap pasangan harus bisa berkomunikasi dengan baik demi menjaga hubungan tetap stabil.

"Jadi kalau ada yang kosong seperti itu dan kita tidak bisa sharing ke partner, enggak bisa berkomunikasi dengan baik, we gonna be lonely," terangnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Akan Berfungsi dengan Baik

Jika begitu, maka bukan tidak mungkin seseorang akan menghadapi situasi yang sangat sulit. Sebab, dia akan melalui fase itu seorang diri.

"We gonna be alone and find ourself in the worst situation (Kita akan sendirian dan menemukan diri kita dalam situasi terburuk) dan tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, sebagai manusia yang mengenal dirinya sendiri," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Banyak netizen yang setuju dengan penjelasan Acha Septriasa

"Setelah nikah sih masih bisa jd diri sendiri, masih bisa pacaran halal sama suami nikmatin masa muda. Setelah jd ibu barulah duniamu berubah 100%" tutur warganet. 

"Bener sekali, jdi adik adikku senang senanglah bahagiakan dirimu dlu selagi muda isi dng hal yg brguna n positif," tutur yang lain. 

"Intinya harus mau saling mendengarkan, saling peduli," tambah yang lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.