Sukses

Kiki Farrel Cerita Beratnya Menjalani Ibadah Haji Sampai Menangis: Mau Jatuh, Pandangan Gelap

Bagi Kiki Farrel, menjalankan ibadah haji sangat berat. Dia pun menceritakan pengalamannya.

Liputan6.com, Jakarta Kiki Farrel berkesempatan menunaikan rukun Islam kelima tahun ini. Bintang sinetron itu pun menceritakan pengalamannya menunaikan rangkaian ibadah haji, dimulai dari wukuf di Padang Arafah.

Saat itu, kata Kiki Farrel, cucanya memang sangat panas. Diberitakan bahwa suhu udara di Padang Arafah saat wukuf mencapai angka 46 derajat.

"Kalau ingat perjuangan haji itu rasanya mau nangis, sedih banget. Enggak nyangka bisa melewati kegiatan yang sangat berat menurut saya. Pertama waktu wukuf 7 jam lebih dalam keadaan panas (bayangkan kita berdiri di atas api unggun)," tuturnya di Instagram Story, Sabtu (28/6/2023).

Kondisinya juga sempat menurun karena tenaganya yang perlahan terkuras habis. "Kalau jarak dari tenda ke Jabal Rahmah pulang pergi 3 km. Lanjut ke musdalifah belum makan malam, lanjut tawaf dan sa'i. Dan izin dulu sama TL karena sudah mau jatuh, pandangan gelap untuk makan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Mengalami Migrain

Kiki Farrel akhirnya bisa makan di food court salah satu hotel. Setelah tenaganya kembali terisi, dia kembali melanjutkan ibadah fisiknya.

"Alhamdulillah bisa makan di food court hotel as safwa. Setelah tawaf, sa'i, cari taksi jalan lagi untuk ke jamarot. Udah lelah dan migrain makin menjadi. Turun taksi ke jamarot pulang pergi 5 km, sampai hotel mau nangis. Nangis karena akhirnya selesai juga," terangnya.

3 dari 4 halaman

Bersyukur Setelah Menunaikan Ibadah

Dia bersyukur karena dapat menyelesaikan semua rangkaian ibadah hajinya. Ini semua juga tak lepas dari doa orang-orang terdekat untuk dirinya.

"Terima kasih kepada Allah yang telah memberikan waktu, rezeki, dan tenaga sehingga saya bisa menyelesaikan rukun Islam ke-5. Terima kasih buat keluarga dan teman-teman yang mendoakan. saya doakan kembali semoga teman-teman semua dikabulkan doanya," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Rasa Senang dan Bersyukur

Meski tak mudah dijalani, namun Kiki Farrel tetap melewati satu persatu rangkaian ibadah dengan perasaan bahagia dan penuh syukur.

"Alhamdulillah semua di lewati dengan perasaan senang dan terharu sama diri sendiri. Ga nyangka bisa melaksanakan ini semua," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.