Sukses

Potret Terkini Takeshi Kitano di Festival Film Cannes 2023, Dulu Dikenal Lewat Acara TV Benteng Takeshi

Takeshi Kitano hadir di Festival Film Cannes 2023 untuk pemutaran film terbarunya, Kubi, dan juga premier film Wes Anderson, Asteroid City.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang besar di tahun 90-an mungkin kenal  dengan sosok Takeshi Kitano dari acara TV Benteng Takeshi. Ditayangkan dengan dubbing bahasa Indonesia, pemirsa kala itu dibuat terbahak-bahak dengan game show tentang para penantang yang hendak menembus pertahanan kastil yang Takeshi.

Namun Takeshi Kitano bukan sekadar pelawak dengan humor slapstick yang menggampar bawahannya dengan kipas atau menembak penantang dengan pistol air di babak final Benteng Takeshi. Ia juga dikenal sebagai aktor dan sineas dengan sejumlah proyek yang jadi sorotan  kritikus.

Sebut saja beberapa di antaranya adalah Hana-bi, Zatoichi, Battle Royale, Violent Cop, dan masih banyak lagi. Terbaru, ia ikut hadir dalam Festival Film Cannes 2023 yang digelar 16-27 Mei besok.

Pria 76 tahun ini hadir untuk pemutaran film terbarunya, Kubi, dan juga premier film Wes Anderson, Asteroid City.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pegang Banyak Peran

Dalam Kubi sendiri Takeshi Kitano memegang banyak peran. Ia tak hanya menulis kisah tentang samurai ini dan menyutradarainya, tapi juga berperan sebagai editor dan bintangnya.

Dilansir dari Deadline pada Jumat (26/5/2023), Kubi sendiri terinspirasi dari kejadian nyata “insiden Honno-ji”pada Juni 1582 silam.  

3 dari 4 halaman

Takeshi Kitano Perankan Hashiba Hideyoshi

Peristiwa ini adalah insiden percobaan pembunuhan daimyo Oda Nobubaga yang dimainkan oleh Ryo Kase. Takeshi Kitano sendiri berperan sebagai Hashiba Hideyoshi, yang pada kemudian hari dikenal sebagai Toyotomi Hideyoshi, sang penerus Oda Nobunaga.

Hashiba Hideyoshi hendak membalaskan dendam kematian tuannya dan mengejar orang yang mengkhianati Oda Nobunaga, Akechi Mitsuhide.

4 dari 4 halaman

Bukan Karya Terakhirnya

Dalam wawacara dengan The Hollywood Reporter, Takeshi Kitano menekankan bahwa Kubi—yang merupakan filmnya yang ke-20—bukanlah karya terakhirnya.

Dalam Kubi sendiri, Takeshi Kitano mempelajari berbagai versi mengenai insiden ini.

“Aku benar-benar mempelajarinya dan kemudian dengan  menggunakan imajinasiku, aku menghasilkan sebuah teori. Tentu saja, akademisi yang menonton mungkin menganggapnya tidak benar. Tapi menurutku sebagian besar yang kugambarkan benar-benar terjadi,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.