Sukses

Ridwan Kamil Minta Maaf Gunakan Foto Tanpa Cantumkan Sumber untuk Perbaikan Jalan di Jawa Barat Setelah Dapat Protes Warganet

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Ridwan Kamil melaporkan adanya perbaikan di 71 ruas jalan di wilayah ke pemimpinannya Jawa Barat. Pembangunan ini dijelaskan Ridwan Kamil sempat tertunda karena anggaran infrastruktur tergeser untuk Covid-19.Β 

Namun, saat ini anggaran infrastruktur tersebut sudah kembali dan bisa digunakan. Dalam Instagram terverifikasi miliknya, Selasa (21/3/2023), Ridwan Kamil mengunggah kolaseΒ foto yang memperlihatkan pembangunan jalan.

"Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek.

Pengerjaan terhadap 71 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemdaprov Jabar terbagi dalam tiga klasifikasi yaitu pemeliharaan berkala, rekonstruksi, dan peningkatan jalan.

71 ruas jalan tersebut dibagi dalam 69 paket pekerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala," tulisnya.

Rupanya, foto yang dipakai Kang Emil, begitu biasa disapa, bukan hasil jepretan sendiri atau staf-nya melainkan foto pihak lain tanpa mencantumkan nama pemilik. Hal itu membuat beberapa warganet pun melontarkan protesnya.

Β 

2 dari 4 halaman

Foto yang Dipakai Ridwan Kamil Hasil Jepretan Tahun 2019

Disebutkan oleh warganet bahwa foto yang diunggah Ridwan Kamil dicomot dari google. Bahkan, ada yang memberikan linknya di kolom komentar.

"Ini foto iklan milik perusahaan readymix, tahun 2019 pak," tulis akun @na******.

"Kakang Prabu Ridwan Kamil,,, punten eta foto yang diatas bukan foto aktual di Garut,, tapi foto dari HASIL NYOMOT TI GOOGEL πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ tahun 2018 dari nusabali.com,,,, kejadian sebenarna dibuleleng bali,,, πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚," tambah akun @da**********.

Β 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Minta Maaf Akui Ada Kesalahan dalam Penggunaan Foto

Dalam akun Twitternya, Kamis (23/3/2023), Ridwan Kamil mengakui kesalahan yang dilakukannya. Ia pun meminta maaf dan mengunggah sebuah video tentang ruas jalan di Jawa Barat.

"Mohon maaf atas penggunaan foto perbaikan jalan kemarin, ada kesalahan dalam penggunaan foto sebagai illustrasi tanpa mencantumkan sumber. Berikut adalah video proses perbaikan jalan yang semestinya," cuitnya.

Β 

4 dari 4 halaman

Unggahan Ridwan Kamil Sudah Disunting Kembali

Dan unggahan Ridwan Kamil di Instagram pribadinya tersebut akhirnya telah disunting kembali pada Rabu (22/3/2023) dan menuliskan dari mana foto tersebut diambil.

"Ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan Provinsi.

Selain pekerjaan jalan, ada tiga jembatan yang diperbaiki, dua diganti yang satu dibangun, tiga jembatan itu di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Pangandaran.

*ilustrasi berbagai sumber. Antara lain solusibetonreadymix.com," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.